Clash Jack Miller dan Joan Mir di MotoGP Doha 2021, ini Penyebabnya

0
40
Clash Miller - Joan Mir
Momen clash antara Jack Miller dan Joan Mir di MotoGP Doha 2021. Foto; MotoGP

NaikMotor – Gelaran MotoGP Doha 2021 diwarnai insiden clash antara Jack Miller dan Joan Mir. Kedua pembalap ini saling senggol akibat adanya ketidaksengajaan.

Insiden bermula dari Joan Mir yang ingin merebut posisi kelima dari Jack Miller. Saat memasuki tikungan 10, ban depan Mir tidak sengaja menyenggol kaki Miller hingga membuatnya melebar dari trek. Saat ini pembalap Suzuki Ecstar ini pun mengangkat kakinya sebagai tanda permintaan maaf.

“Saya mengerti itu adalah manuver yang berbahaya, tapi tidak melewati batas, tidak apa-apa. Kemudian saya menggerakkan kaki untuk meminta maaf karena ketika hal seperti ini terjadi dalam perlombaan saya ingin meminta maaf, saya harus demikian,” ujar Mir.

Sayangnya Jack Miller nampaknya tidak terima dengan manuver yang dilakukan oleh Mir. Setelah tikungan terakhir jelang garis finish, Miller justru menyenggol balik Mir di trek lurus Sirkuit Losail.

“Saya melebar di tikungan terakhir. Saat saya melebar dan melihat Jack, dia menggerakkan kepalanya seperti dia melihat saya, saya ke tepi, di luar raceline sebanyak yang saya bisa. Dia menyilang di depan saya dan kami berdua bersenggolan. Itu sangat berisiko dan sangat berbahaya,” ucap Mir.

Mir pun menganggap hal yang dilakukan Miller ini merupakan suatu kesengajaan. Kendati Race Direction mengumumkan selama balapan tidak ada tindakan lebih lanjut yang diambil, tetapi Mir merasa tim Suzuki perlu mengajukan banding atas insiden ini.

“Menurut saya itu memang disengaja, tim saya akan menilai jika mereka harus mengajukan banding, yang pasti itu harus diselidiki. Manuver ini sudah melebihi batas, jika memang disengaja seperti yang saya katakan, dia pantas mendapat penalti, jika tidak ya tidak,” jelas pembalap asal Spanyol tersebut.

Namun menurut Jack Miller, senggolan yang terjadi di dalam race tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Pembalap Ducati Lenovo Team ini mangatakan bahwa seperti inilah jalannya sebuah balapan.

“Ada beberapa kontak dan sedikit kontak di sana-sini. Itu hanya salah satu dari hal-hal itu. Semua orang melihat apa yang terjadi dan kami terus balapan setelah itu. Dia menatapku setelah balapan dan aku melihatnya, memang seperti itu dia melebar dan masuk, tidak ada orang lain yang peduli dengan keberadaan saya, begitulah keadaannya,” kata Miller.

Insiden clash Jack Miller dan Joan Mir hanya menghasilkan posisi finish ketujuh bagi Joan Mir. Sementara Jack Miller harus rela menyelesaikan balapan di posisi ke-9. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*