Yayasan AHM Tanam 1000 Pohon di Merapi dan Merbabu

0
YayasanAHMMerapi
Ketua YAHM, Hari Sasono (ke-2 kiri), Ketua Umum FMMH, Drs. Helly Sucipto, M.A., Psi. (ke-3 kiri) pada acara aksi penghijauan 1000 pohon di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dan Merbabu. Foto: AHM

Magelang (naikmotor) – Sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) melakukan aksi go green dengan melakukan penanaman 1000 pohon di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dan Merbabu, Magelang, Jawa Tengah. Upaya ini pun dilengkapi dengan berbagai kegiatan yang mendukung terciptanya kelestarian lingkungan.

Aksi go green YAHM dilakukan mulai dari pembibitan tanaman, penanaman pohon di area hutan, serta pengaliran air ke kawasan penghijauan melalui pipanisasi.

Program penghijauan yang bekerjasama dengan Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH) ini ditandai dengan penanaman pohon di Dusun Gejugan, Desa Ngargosuko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang (17/1). YAHM menjadikan Taman Nasional Gunung Merapi dan Merbabu sebagai target penghijauan karena  besarnya peran Gunung Merapi dan Gunung Merbabu bagi masyarakat di Pulau Jawa khususnya di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

“Kami berharap aksi penghijauan di berbagai aspek ini mampu mendukung keseimbangan area hijau yang menghasilkan udara bersih dan sehat. Bagi kami, hijau di bumi untuk langit yang biru harus selalu menjadi tujuan sebagai bentuk kearifan bangsa kita dalam melestarikan lingkungan,” ujar Wakil Ketua YAHM Ahmad Muhibbuddin.

Untuk mendukung program penghijauan yang dilakukan ini, YAHM juga melakukan pipanisasi yaitu memasang pipa paralon untuk mengalirkan air dari Kali Blongkeng ke kawasan penghijauan yang berjarak sekitar 500 meter. Melalui pipanisasi, YAHM berupaya memastikan pasokan air di kawasan penghijauan tetap terjaga meskipun pada musim kemarau. Bak penampung air sebagai rangkaian pipanisasi juga dapat dimanfaatkan oleh warga sebagai kolam pembudidayaan ikan.

Untuk semakin mendukung peran FMMH dalam pelestarian Merapi dan Merbabu, YAHM juga melakukan pengembangan basecamp dan posko FMMH dengan mendukung kelengkapan dan fasilitas kerja para relawan FMMH. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here