Di sini Bikin dan Perpanjang SIM Wajib Pakai uang Elektronik

0
41
Bikin atau Perpanjang SIM
Layanan SIM keliling. Foto: Korlantas Polri

NaikMotor – Mulai pekan ini, tepatnya hari Rabu (17/3/2021), bikin atau perpanjang SIM sudah tidak bisa bayar pakai uang cash. Pembayaran akan diganti menggunakan uang elektonik.

Program pembayaran cashless ini akan diberlakukan di Polresta Banyumas. Program ini berlaku bagi masyarakat yang ingin bikin baru atau perpanjang SIM.

Kasatlantas Polresta Banyumas, Kompol Ryke Rhimadila menjelaskan semua persiapan telah dilakukan. Saat ini Polresta Banyumas melalui Satlantas tengah melakukan sosialisasi terkait program cashless ini.

“Berbagai persiapan sudah kamu lakukan. Kami sudah menyediakan lokasi pengisian uang digital dan juga menyediakan HP Android untuk masyarakat yang tidak memiliki dompet digital,” ujar Ryke, seperti dikutip dari NTMCPolri.

Ryke mengatakan petugas Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polresta Banyumas juga telah menyiapkan mesin pembayaran non-tunai disekitaar Satpas. Petugas juga akan membantu masyarakat yang belum memiliki aplikasi pembayaran online.

Adapun peluncuran program cashless ini ditujukan untuk mengurangi interkasi dengan masyarakat di tengah situasi Pandemi. Selain itu, program ini juga untuk mengurangi adanya penyelewengan dalam pengurusan SIM.

“Program ini dihadirkan dengan tujuan untuk mengurangi adanya potensi percaloan dalam pembuatan SIM,” ujar Ryke. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*