Safety Riding AHM: Begini Postur NaikMotor yang Nyaman dan Tepat

0
Postur Berkendara yang Tepat
AHM bagikan cara meraih kenyamanan saat berkendara lewat ketepatan postur tubuh. Foto: Istimewa

NaikMotor – Paham betapa pentingnya kenyamanan berkendara, tim Safety Riding dari AHM membagikan informasi mengenai postur NaikMotor yang tepat dan nyaman demi menghasilkan momen berkendara yang menyenangkan. 

Selain bisa meningkatkan kebahagiaan saat berkelana, postur berkendara yang tepat juga berpengaruh agar Motoris tidak mudah lelah, sehingga konsentrasi tidak menurun. Selain postur yang benar, kendaraan yang pas juga bisa meningkatkan kenyamanan berkendara, lho.

Ada beberapa postur berkendara yang nyaman dan menyenangkan, contohnya adalah:

  • Ride on Position

Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai karena posisi punggung tegak, sehingga bisa menurunkan stress pada bahu, punggung, dan leher. Sementara untuk kendaraannya, seperti pada Honda PCX, posisi setang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul membuat tangan bagian depan lebih rileks.

Dengan menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan, handling pun terasa lebih nyaman dan maksimal. Tak hanya itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul juga bisa mengurangi ketegangan pada paha.

  • Leisure Position

Posisi ini merupakan situasi di mana kaki bisa berpindah ke bagian depan saat berkendara, layaknya yang ditawarkan oleh PCX terbaru. Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat menempuh perjalanan jarak jauh. Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah berkurang atau membaik, maka bisa kembali ke posisi Ride on Position.

Johanes Lucky selaku Manager Safety Riding AHM menyampaikan bahwa postur berkendara yang benar dan nyaman mampu menurunkan potensi terjadinya kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara.

“Dalam berkendara, focus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting. Pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati, tetapi dengan waktu bersamaan juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara dengan sepeda motor. Dengan posisi berkendara yang benar serta kendaraan yang nyaman seperti Honda PCX, riders tetap dapat memperhatikan keselamatan dengan #cari_aman sehingga berkendara akan menjadi lebih aman dan menyenangkan,” jelas Lucky. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here