Benelli TRK 502X Kini Sudah Euro5, Tapi Harga Tetap

0
51
Benelli TRK 502 X
Benelli TRK 502 X. Foto: Benelli

NaikMotor – Benelli melakukan peningkatan pada mesin TRK 502 X. Mesin adventure bike ini sudah dirombak sedemikian rupa demi memenuhi standar Euro 5.

Saat ini memang sejumlah negara di Eropa telah memberlakukan aturan emisi Euro 5. Banyak dari produsen otomotif di dunia yang melakukan peningkatan pada mesin dari masing-masing line-up yang mereka pasarkan demi memenuhi standar emisi ini.

Peningkatan mesin ini banyak dilakukan dengan melakukan beberapa perombakan. Misalnya dengan transmisi cerdas, teknologi katup variabel, hingga mendesain ulang kepala silinder untuk model. Minor change itu dilakukan agar produk tetap dalam list segmennya.

Seperti Benelli yang sukses melakukan upgrade pada mesin TRK 502 X tanpa melakukan perombakan yang signifikan. Sistem pembuangan mesinnya kini mencakup dua konverter katalitik untuk mengurangi emisi CO2. Kemudian bagian ECU diperbarui agar transmisi daya lebih halus, imbasnya kinerja lebih efisien tetapi emisi lebih sedikit.

Benelli TRK 502 X

Lalu perubahan terakhir untuk memenuhi standar Euro 5 ini adalah memperpendek rasio roda gigi utama untuk meningkatkan respons di semua tingkat rasio. Terlepas dari powertrain yang disesuaikan, mesin 4-tak TRK 502 X ini masih memiliki performa yang sama dengan versi sebelumnya.

Benelli TRK 502 X menggunakan mesin 499,6cc parallel-twin DOHC dengan pendingin cairan. Secara performa, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 47,6 daya kuda pada putaran mesin 8.500 rpm, sementara torsi puncaknya menyentuh angka 46 Nm di 6.000 rpm. Tenaga mesin disalurkan lewat gearbox 6-percepatan.

Dengan pembaruan mesin yang sudah berstandar Euro 5 ini, harga jual TRK 502 X tidak mengalami perubahan. Adventure bike ini masih dipasarkan dengan banderol 7.414 dolar AS atau sekitar Rp 106 jutaan. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*