Shakedown Test MotoGP 2021 Qatar, Bradl Tercepat di Hari Pembuka

0
33
Pembuka Tes MotoGP 2021
Stefan Bradl tercepat di hari pertama Shakedown Test MotoGP 2021 Qatar. Foto: dorna Motogp

NaikMotor – Shakedown Test MotoGP 2021 Qatar dimulai (5/3/2021) setelah batalnya tes 2021 di Sepang. Di hari pembuka tes MotoGP 2021 Qatar itu, test rider Honda Stefan Bradl tercepat.

Usai jeda musim dingin, musim MotoGP 2021 memasuki masa pemanasan untuk pertama kalinya. Di hari Pembuka Tes MotoGP 2021 Qatar itu diperuntukkan bagi test rider, dan Pembalap rookie, baru besok Pembalap utama akan menjalani tes shake down di Losail, Qatar itu.

Setelah tes pra-musim yang biasa terhambat oleh pembatasan pandemi, semuanya ada di tangan pabrik dan tim independen di Sirkuit Internasional Losail, meskipun angin kencang menunda aksi pembukaan di hari Jumat (5/3) itu. Namun, Pembalap uji tim Honda, Stefan Bradl berhasil mencatatkan waktu tercepat, 1’55.614 setelah putaran ke-55-nya.

Ada menarik, sebab mantan Pembalap LCR Honda, Cal Cruthlow menjalani tugas pertamanya sebagai Test Rider Yamaha. Crutchlow mengetes M1 bersama Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane, hanya saja karena ketiganya bertukaran motor tak ada waktu individual yang dianggap tercatat.

Sementara Ducati dengan trio rookie dan Michele Pirro sebagai test rider cukup berbuat banyak. Pirro berhasil menenmpatkan di posisi ke-2, dengan selisih 0,005 detik di belakang Bradl. hanya Enea Bastianini yang mengganggap putaran pertamanya di atas Desmosedici sebagai ‘bencana’.

Luca Marini dan Jorge Martin tampak sama nyamannya di atas Desmosedici masing-masing. Posisi mereka ke-8 dan 10. Martin sempat highside di R3. “Tentu saja, bukan cara terbaik untuk menyelesaikan hari pertamaku dengan motor MotoGP,” jelas Martin di akhir sesi. “Itu kecelakaan yang aneh karena saya hampir lurus dan saya menyentuh berm dan mulai bergetar dan saya tidak bisa berhenti dan akhirnya jatuh. Untungnya saya baik-baik saja karena sangat cepat. Sayang sekali tapi saya pikir pekerjaan yang kami lakukan hari ini sangat bagus.”

Di tim Aprilia yang akhirnya menunjuk Lorenzo Savadori sebagai test rider di Qatar, sementara Aleix Espargaro memilih berada di pit karena kondisi cuaca berangin. Di tim Suzuki Sylvain Guintoli memberikan tempat untuk Suzuki Ecstar di posisi k-9, dengan 1’58,6, setelah menghabiskan hari mengevaluasi mesin 2022, hampir tiga detik di depan rekan setimnya Takuya Tsuda. Terakhir tim KTM dengan Dani Pedrosa berada di posisi ke-11 dan waktu terbaiknya 1’59.055. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*