Hanya Offroader Sejati yang Berhak Ikut Indonesia Offroad eXpedition (IOX)

1
402

IOX-2015-Dirt-Bike-H3a
Indonesia Offroad eXpedition (IOX) adalah event yang mengombinasikan antara ekspedisi bermotor, respect dan berwawasan lingkungan. Foto: Dok IOX

Jakarta (naikmotor) – Indonesia Offroad eXpedition (IOX) adalah event ekspedisi terbesar di Indonesia dengan durasi waktu terlama dan menempuh jarak terpanjang, menjelajahi pedalaman Nusantara. Tidak sembarangan orang untuk bisa mengikutinya karena menerapkan aturan ketat yang berwawasan lingkungan dan respect kepada sesama.

Dikemas secara profesional, penuh daya tarik untuk membuka wawasan tentang wisata, sosial, budaya dan lingkungan. IOX juga memiliki peran aktif dalam mengangkat potensi kekayaan alam daerah, ekonomi dan budaya Indonesia. IOX merupakan ajang uji mental terhadap tekanan fisik dan emosi dimana kerjasama dan rasa persaudaraan adalah hal yang mutlak dimiliki oleh setiap peserta.

“Kita sangat ketat dalam penerimaan peserta termasuk hal-hal yang wajib dipatuhi oleh mereka selama di perjalanan. Misalnya tidak boleh mandi di sungai dengan kondisi badan dan perlengkapan kotor, tidak boleh sembarangan menyalip kendaraan 4×4 termasuk tidak boleh merusak ekosistem lingkungan, ” jelas Teddy Wibowo, koordinator event IOX Dirtbike saat press conference dukungan AHRS dan Juunior Motor Sport Kawasaki untuk event IOX JOLI 2016 di AHRS Building, Sabtu (16/1/2016).

IOX-Java-2015-H11x

Ditambahkan Teddy, pelanggaran atas peraturan dalam IOX adalah bisa didiskualifikasi.”Kita menerapkan point system, dan itu yang akan menentukan boleh atau tidaknya peserta untuk mengikuti IOX di event selanjutnya,”beber Teddy.

Aturan ketat juga diterapkan pada saat scrutineering termasuk kelengkapan berkendara para offroader.” Safety itu nomor satu, karena itu bila menemukan adanya kekurangan pada motor termasuk riding gear yang dikenakan, kita suruh mereka untuk memperbaiki atau menambah. Ini bukan soal performa atau skill, namun juga menuntut mental baja survive di tengah hutan dan juga solidaritas kepada sesama dan respect terhadap warga atau daerah yang dilewati,” tambahnya lagi.

IOX-JOLI 2016 merupakan event IOX ke-5, yang menempuh rute Yogyakarta-Bali selama 16 hari perjalanan ekspedisi. Event-event IOX sebelumnya anatara lain adalah :

IOX-2012
Merupakan event perdana dan diikuti oleh 50 kendaraan 4×4 dan 10 motor trail, pada bulan Februari 2015 selama 15 hari, menempuh jarak 1250 km. Mengambil Start di Kota Bukit Tinggi Sumatera Barat, melintasi wilayah Riau, Jambi dan Finish di Kota Palembang Sumatera Selatan. Diliput oleh beberapa media cetak nasional.

IOX-2013
Merupakan event kedua diikuti oleh 65 kendaraan 4×4 dan 18 motor trail, dilaksanakan pada bulan April 2013. Start dari kota Banda Aceh, melanjutkan ke Kota Sabang di Pulau We. Perjalanan dilanjutkan menulusuri wilayah Aceh yang dikenal dengan hutan alam nya yang sangat asri, berikut menuju wilayah Jantho – Keumala – Gempang – Pining – Pulau Tiga. Selanjutnya masuk wilayah Sumatera Utara dan finish di Kota Medan, tercatat menempuh jarak 1300 km. Diliput secara khusus oleh media TV nasional full coverage dan media cetak nasional.

IOX-2014
Merupakan event ketiga, diikuti oleh 72 kendaraan 4×4 dan 23 motor trail, dilaksanakan pada bulan Februari 2014. Start dari Kota Palembang dan Kota Lahat, melintasi daerah Sumatera Selatan menuju Bengkulu dan Lampung. Selanjutnya rombingan menuju kota Jakarta melalui wilayah Banten, dan berakhir di tugu Monas Jakarta, selama 16 hari dan menempuh jarak 1250 Km. Diliput full coverage oleh media cetak nasional dan media cetak internasional yang telah terbit di negara –negara seperti Perancis, Jerman, Inggris, Amerika, Bulgaria, Jepang dan Thailand.

IOX-2015
Merupakan event keempat, diikuti oleh 95 kendaraan 4×4 dan 18 motor trail, dilaksanakan pada bulan Februari 2015. Start dari Monas-Jakarta menuju Tugu Muda- Semarang dan Finish di Tugu Pahlawan Surabaya. Dengan jarak tempuh 1200 Km selama 16 hari perjalanan dengan medan offroad ekstrem. Diliput oleh media TV nasional full coverage dan beberapa media tv pada slot news dan olahraga juga media cetak nasional dan internasional yang telah terbit di Perancis dan Thailand untuk edisi bulan April 2015. Tercatat puluhan liputan berita pada portal berita media on-line baik dalam negeri ataupun luar negeri. (Arif/rls/nm)

IOX-Java-2015-H5a

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*