Electric Starter Tidak Menyala? Bisa Jadi ini Penyebabnya…

0
85
Electric Starter
Selain aki, menurut Wahana Honda ada beberapa penyebab lain yang membuat electric starter tidak menyala. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Meski berfungsi untuk memudahkan pengendara motor, tetapi electric starter juga kabarnya seringkali bermasalah dan tidak mau menyala. Menurut Wahana, ini dia beberapa penyebab paling umum yang membuat starter tidak menyala… 

Electric Starter hadir untuk memudahkan Motoris menyalakan sepeda motornya. Tidak perlu menggunakan tenaga besar pada kick starter, Motoris cukup hanya menekan tombol starter yang ada di setang, dan kendaraan pun bisa menyala.

Namun, rupanya electric starter juga kerap bermasalah. Biasanya, komponen yang sering disalahkan adalah aki selaku sumber kelistrikan pada sepeda motor. Padahal, menurut Wahana Honda, ada beberapa faktor lain yang bisa membuat electric starter ngadat atau rusak selain karena aki.

Ini dia beberapa penyebab umum tidak berfungsinya electric starter:

  • Switch Starter

Alat ini digunakan untuk menghubungkan dan memutus arus listrik pada kendaraan secara tidak langsung. Wahana menyarankan agar Motoris mengecek komponen satu ini sebelum menyalahkan aki atas tidak berfungsinya electric starter.

Cara paling mudah untuk mengeceknya adalah dengan menyambungkan kabel antara switch starter. Jika ada bunyi seperti “krek-krek”, bisa jadi itu pertanda electric starter sedang tidak prima, entah karena rusak atau terlalu kotor dan perlu dibersihkan.

  • Dinamo Starter

Komponen ini juga bisa menjadi salah satu penyebab starter elektrik ini susah menyala. Ini bisa terjadi karena dinamo rusak yang biasanya dipicu oleh korsleting, terputus, atau sejenisnya. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengganti arang kumparan di dinamo yang dijual di pasaran dengan harga mulai dari Rp 20 ribuan.

Pemasangan arang kumparan mungkin akan membutuhkan usaha lebih ekstra. Jika tidak begitu paham atau tidak bisa melakukannya, lebih baik dibawa ke bengkel agar dikerjakan oleh teknisi profesional.

  • Bendik

Bendik memiliki fungsi utama untuk menyambungkan arus listrik yang dikirim oleh aki ke dinamo starter. Jika ada kendala di sini, arus listrik yang harusnya disalurkan ke dinamo tidak akan terhubung dengan baik dan mesin kendaraan pun tidak bisa menyala.

Jika kendala berasal dari komponen ini, biasanya saat starter dilakukan akan ada bunyi berisik. Kerusakan bendik sering terjadi disebabkan oleh bagian kutubnya yang kotor dan menjadi penghalang bagi arus listrik dari aki. Solusinya adalah dengan membersihkan bagian tersebut agar bisa berfungsi normal kembali.

Itu tadi beberapa komponen yang bisa menjadi penyebab electric starter tidak bisa nyala selain karena aki. Jika tidak pede untuk memeriksanya sendiri atau membetulkannya sendiri, bisa dibawa ke bengkel agar mendapat pelayanan dari teknisi yang berpengalaman. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*