Deal! Honda, KTM, Piaggio dan Yamaha Ciptakan Baterai Swapable Bersama

0
112
Konsorsium Baterai
Honda, KTM, Piaggio, dan Yamaha sepakat untuk membuat baterai konsorsium yang dapat diganti. Foto: Honda

NaikMotor – Honda bersama KTM, Piaggio, dan Yamaha telah sepakat untuk membuat konsorsium baterai swapable bersama dengan tujuan untuk mempopulerkan sepeda motor listrik dan kendaraan elektrik kecil. 

Perjanjian pembuatan konsorsium didukung oleh Perjanjian Paris dan percepatan elektrifikasi mobilitas di Eropa. Keempat perusahaan besar ini pun menyetujui satu kesepakatan untuk membentuk konsorsium dengan keyakinan sistem baterai standar yang bisa diganti dapat membantu mempopulerkan mobilitas elektrik kecil dan mengelola siklus hidup baterai yang bisa diganti secara berkelanjutan.

Honda pun menjelaskan mereka percaya standarisasi baterai diharap bisa memperpanjang daya jelajah, mempersingkat waktu pengisian, mengurangi biaya infrastruktur, dan juga mengurangi biaya kendaraan.

Tujuan konsorium sendiri adalah untuk menentukan spesifikasi teknis sistem baterai yang bisa ditukar untuk mobilitas listrik berukuran kecil. Lewat penjelasannya, Honda memaparkan bahwa mereka memiliki tujuan untuk memperoleh standar umum di Eropa maupun internasional dalam kerja sama erat dengan organisasi terkait, negara, Eropa, dan organisasi standarisasi internasional.

Rencananya, konsorsium akan resmi berdiri pada Mei 2021 dan diyakini partisipasi para pemangku kepentingan yang berminat pada kegiatan ini akan ikut berkontribusi dalam perluasan pengetahuan dan ruang lingkup kegiatan konsorsium.

Noriaki Abe selaku Honda Motor Co., Ltd. Managing Executive Officer General Manager of Motorcycle Business Headquarters menjelaskan, “Untuk mengurangi CO2 dalam skala global, upaya pelistrikan semakin dipercepat, terutama di Eropa. Dengan merebaknya sepeda motor listrik, maka diperlukan penyelesaian masalah seperti daya jelajah dan waktu pengisian. Hal itu diperlukan dan baterai yang dapat diganti merupakan langkah yang efektif.”

“Mempertimbangkan kegunaan pelanggan kami, sangat penting untuk menstandarisasi baterai yang dapat diganti dan mempopulerkan sistem yang dapat diganti, dan keempat perusahaan telah sepakat untuk membentuk konsorsium di Eropa.”

“Honda sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan lingkungan penggunaan pelanggan sebagai area kolaborasi, dan dengan mengupayakan kedua wilayah kompetitif untuk bekerja keras menyediakan produk dan layanan yang menarik bagi pelanggan, sebagai alat transportasi bagi semua orang.Kami akan bekerja dengan tekun untuk menjadi sepeda motor pilihan,” lanjutnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*