Bakal Hadir BMW Motorrad R18 Entry Level, Bermesin R nineT

0
49
BMW R18 1170
Ariel NOAH menjadi BA untuk BMW R18 First Edition. Foto: Istimewa

NaikMotor – BMW Motorrad dikabarkan tengah mengerjakan versi R18 yang lebih kecil, yaitu R12 yang memiliki platform mesin 1.170 cc R nineT. 

BMW R nineT dikenal dengan tenaganya yang lebih besar dibanding unit lain yang ber-cc besar seperti R18. Situs Visor Down menyebutkan sepeda motor bermesin R12 terbukti fleksibel dan bisa diasumsikan tim ahli teknik pabrikan Jerman satu ini dapat meracik ECU untuk menghasilkan lebih banyak torsi pada putaran rendah. Mesin akan berpendingin udara atau oli.

Mesin yang lebih kecil juga otomatis akan mengurangi bobot dan ukuran motor. Tidak seperti BMW R18 yang besar, lebar, panjang, dan berat, mesin yang lebih ringan, kecil, dan kompak seperti mesin kapasitas 1.170 cc yang digunakan bisa membuat cruiser BMW itu jadi kompetitor yang diperhitungkan di kelasnya.

Di Eropa, mesin 1.800 cc terpojok peraturan emisi. Sehingga BMW harus merancang mesin dan harus memangkas bodi, sebab mesin yang lebih kecil dan lebih efisien akan lebih mudah menyiasati regulasi emisi. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*