3 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Membeli Motor Jadul

0
65
Motor Jadul
Suzuki RC80. Foto: Instagram/tikuskebon_77

NaikMotor – Tren motor jadul atau lawas saat ini cukup mengalami peningkatan. Jika tertarik untuk memilikinya, perhatikan 3 hal ini sebelum membeli motor jadul.

Menurut salah satu kolektor motor jadul di daerah Jakarta, Kurnia Romdany, sebelum membeli motor lawas, hal pertama yang perlu dicek adalah kondisi motor.

“Biasanya saya kalau beli motor tua itu melihat dari kondisi luar motor. Catnya harus full original, kemudian decal stickernya juga harus masih original. Kalau sudah repaint, saya pribadi kurang tertarik,” ucap Kurnia kepada NaikMotor, Selasa (23/2/2021).

Selain kondisi luar motor, kondisi mesin motor juga perlu diperiksa. Menurut Kurnia, memang sulit mendapatkan motor lawas dengan mesin yang masih bagus, namun tetap harus dipilih yang kondisinya masih baik.

“Motor dulu itu mesinnya tidak ada yang 100 persen perfect, bahkan yang 90 persen saja tidak ada. Intinya kalau mau beli motor jadul, jika kondisi suara mesinnya agak kasar sedikit, itu masih aman,” katanya.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan surat-surat. Kurnia mengatakan kelengkapan BPKB dan STNK itu wajib ada sebelum beli motor lawas. Sementara perkara pajak itu dinomor duakan.

“Surat-surat diutamakan komplet, BPKB sama STNK harus ada. Kalau pajak itu menurut saya bonus ya, jadi semisal pajaknya mati, itu bukan masalah buat saya. Soalnya, agak jarang dapat motor lama dengan pajak yang masih panjang,” ucapnya. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*