Curtiss One Cruiser Listrik Pertama Amerika Mulai Dijual, Harganya Rp 1,6 M

0
21
Curtiss One
Curtiss One hadir sebagai cruiser listrik pertama Amerika dan dipasarkan dengan harga fantastis. Foto: Electrek

NaikMotor – Curtiss Motorcycles memperkenalkan sepeda motor listrik penjelajah dengan harga fantastis yang juga merupakan e-Cruiser pertama Amerika, yaitu Curtiss One. 

Curtiss Motorcycle mengklaim edisi “One” sebagai motor paling penuh tenaga di dunia. Dengan konstruksi mewah dan powetrain berkinerja tinggi, e-cruiser ini mampu menghasilkan tenaga hingga 217 hp (168 kW), namun secara elektronik output daya puncaknya dibatasi jadi 120 hp (89 kW) saja.

Curtiss menyisipkan Power Pak atau baterai besar 399 V yang dipasang di bagian tengah yang menampilkan sel baterai silinder yang tersusun secara radial di dalam bak pendingin cair. Dilansir dari Electrek, dengan kapasitas 16,8 kWh, diyakini baterai tersebut memiliki zona crumple built-in untuk perlindungan saat benturan.

Curtiss One

Dengan bobot 193 kg, motor ini tidak seberat kelihatannya karena menggunakan serat karbon. Untuk rangkanya, diadopsi Triple Load Path Monocoque dengan casing baterai yang menjadi tulang punggung dari desainnya. Lewat frame, ditawarkan penyesuaian sudut rake antara 27° dan 31°. Kemudian suspensinya disiapkan oleh monoshock RaceTech yang bisa disetel sepenuhnya baik yang bagian depan juga belakang.

15 unit Curtiss One akan menjadi produk Curtiss Motorcycles yang masuk “limited edition” dan memiliki harga yang cukup mencengangkan. Edisi terbatas kloter pertamanya akan mulai dikirimkan pada sekitar bulan Juni – Agustus. Menurut Electrek, setelah 15 unit cruiser listrik ini terjual, volume produksi tahun 2022 akan ditingkatkan hingga 100 unit. Jika harga kloter pertama disebut mencapai angka sekitar Rp 1,629 Miliar, maka di kloter dua akan ada harga diskon, jadi sebesar Rp 1,105 Miliar. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*