Jorge Martin Digadang-Gadang Jadi The Next Pahlawan MotoGP Spanyol dari Ducati

0
46
Jorge Martin Ducati
Debut musim ini, Jorge Martin akan tunggangi kuda besi dari Ducati. Foto: MotoGP

NaikMotor – Pembalap rookie Jorge Martin nampaknya memikul harapan untuk menjadi pahlawan MotoGP berikutnya dari Ducati yang berkebangsaan Spanyol. Melihat track record-nya, performa Martin memang terbilang cukup baik. 

Martin memulai debutnya di dunia balap motor pada Red Bull Rookies Cup tahun 2012 silam. Meski sempat cedera, di tahun berikutnya Martin berhasil menjadi runner-up. Pada tahun 2014, Martin mendominasi seri dan berhasil merebut mahkota dari kompetisi tersebut.

Selanjutnya, pada tahun 2015, ia masuk ke ajang Moto3 dan bergabung bersama Mapfre Team Mahindra Moto3 dan ke Pull & Bear Aspar Mahindra Team di tahun berikutnya. Kemudian, pada 2017 ia masuk ke Gresini untuk menggantikan posisi Bastianini yang saat ini kembali menjadi rivalnya di MotoGP.

Martin sukses menunjukkan kepiawaiannya dengan menghasilkan penampilan Sabtu sore yang fantastis, ia pun mencatat 9 posisi terdepan. Ia juga meraih kemenangan pertamanya di final musim di Valencia.

Tahun berikutnya, Martin semakin menggila. Ia meraih 7 kemenangan, 3 podium lain, dan 11 posisi terdepan dan kemudian naik tingkat ke Moto2 di tahun 2019 bersama Red Bull  KTM Ajo.

Pembalap kelahiran tahun 1998 ini pun terus menorehkan banyak prestasi di klasemen Moto2. Namun, musim lalu, Martin sempat terinfeksi virus korona sehingga ia kehilangan kesempatan untuk meraih gelar.

Melihat bakat dan kehebatan Martin, kabarnya selain Ducati dan Pramac Racing, ia juga sempat dilirik oleh KTM dan Honda, namun Ducati lah yang akan menjadi “rumah” untuk Martin mulai musim ini. Selain Luca Marini dan Enea Bastianini, Jorge Martin juga diharapkan bisa mengklaim penghargaan Rookie of the Year MotoGP, sehingga menjadi batu loncatan juga untuknya dalam menjadi pahlawan Spanyol baru Ducati. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*