Ganjil-Genap Kota Bogor Diperpanjang, Berlaku Setiap Akhir Pekan

0
20
Ganjil-Genap Bogor Diperpanjang
Ganjil-genap Kota Bogor. Foto; Pemkot Bogor

NaikMotor – Wali Kota Bogor Bima Arya mengumumkan bahwa penerapan ganjil-genap di Kota Bogor akan diperpanjang. Kebijakan ini berlaku setiap akhir pekan dan hari libur.

“Kami telah sepakat bahwa ganjil-genap Kota Bogor akan diperpanjang selama dua pekan ke depan dan berlaku setiap Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Tetapi dibatasi jam pembelakuannya dari jam 09.00 sampai 18.00 WIB,” kata Bima Arya, usai menggelar rapat bersama Forkopimda, Selasa (16/2/2021).

Perpanjangan ganjil-genap ini dilakukan karena menurut Bima Arya, kebijakan ini mampu menurunkan mobilitas warga, mengurangi volume kendaraan, dan menurunkan angka kasus positif Covid-19.

“Satgas dan Forkopimda melihat bahwa program ganjil-genap ini efektif mengurangi arus masuk kendaraan ke Kota Bogor. Kerumunan juga berkurang, sehingga tren kasus positif Covid-19 juga menurun sangat signifikan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor telah memberlakukan ganjil-genap dari tanggal 6 Februari sampai dengan 14 Februari 2021. Hasilnya, penerapan kebijakan ini sanggup menurunkan volume kendaraan yang melintas di Kota Bogor secara drastis.

Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bogor, Dody Wahyudin, volume kendaraan yang masuk ke Kota Bogor melalui Gerbang Tol (GT) Bogor mengalami penurunan hingga 3.400 kendaraan di hari pertama pemberlakukan ganjil-genap.

“Kendaraan yang keluar GT Bogor sebanyak 8.055. Angka ini menurun jika dibandingkan pekan lalu yang jumlahnya mencapai 11.455 kendaraan,” ujar Dody, dikutip dari laman NTMC. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*