Test Ride All New Honda PCX 160, Tarikannya Lebih Responsif

0
89
Test Ride PCX 160
Test ride All New Honda PCX 160. Foto: AHM

NaikMotor – Pekan lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan generasi terbaru Honda PCX, yakni All New Honda PCX 160. NaikMotor berkesempatan test ride All New Honda PCX 160 di AHM Safety Riding, Cikarang, Senin, (8/2/2021). Berikut ulasannya.

Hadir sebagai generasi terbaru dari Honda PCX, All New Honda PCX 160 memiliki tampilan yang berbeda dengan versi sebelumnya. Mulai dari tampilan fascia, lampu depan, panel instrumen, hingga lampu belakangnya sudah diubah.

Test Ride PCX 160

Dari riding positionnya, motor ini cukup nyaman, sekilas memang tidak jauh berbeda dengan posisi berkendara di PCX 150. Skuter matic ini juga terbilang cukup tinggi, dengan ground clearance 135mm, saya yang memiliki tinggi badan 175cm, masih sedikit jinjit saat menaiki motor ini.

Urusan performa, motor ini punya tarikan awal yang lebih responsif, torsinya juga cukup nendang untuk digas di trek menanjak. Kemudian saat dipacu di trek lurus, kami mencapai top speed 85 kilometer per jam.

Dengan bobot 131kg, motor ini masih cukup nyaman dan lihat saat diajak bermanuver dan cornering. Kebetulan saat NaikMotor test ride, trek yang kami gunakan habis diguyur hujan, jadi kami mencoba teknologi baru yang disematkan di PCX 160, yakni HSTC (Honda Selectable Torque Control).

Test Ride PCX 160

Saat dipacu dalam kecepatan tinggi dan di rem secara ekstrim, motor ini masih dapat bergerak stabil. Mungkin ini merupakan peran HSTC yang mencegah motor selip saat rotasi ban belakang dengan ban depan tidak seimbang.

Satu lagi, motor ini hadir dengan suspensi yang sudah ditingkatkan kenyamanannya. Secara teknis, suspensi belakang Honda PCX 160 dibuat lebih panjang sekitar 15mm dibanding PCX 150 yang memiliki panjang shockbreaker 350mm.

Test Ride PCX 160

Saat digunakan, memang suspensi belakangnya memberikan bounce yang cukup empuk. Tapi secara keseluruhan, perbedaan suspensi dengan versi PCX 150 tidak terlalu signifikan.

Kesimpulannya, All New Honda PCX 160 ini memang benar-benar mengalami peningkatan dari berbagai sektor, mulai dari desain, mesin hingga ke suspensinya. Mungkin yang menjadi catatan kami, skuter matic ini kurang cocok untuk yang berpostur tubuh pendek, karena motor ini punya ground clearance yang cukup tinggi. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*