Kupas Tuntas Mesin eSP+ yang Digunakan All New Honda PCX 160

0
98
Mesin eSP+
Mesin eSP+ All New Honda PCX 160. Foto: Dicky Kurniawan

NaikMotor – All New Honda PCX 160 hadir sebagai generasi terbaru dari PCX 150. Skuter matic ini tidak hanya punya tampilan baru, motor ini juga menggunakan mesin baru eSP+.

Honda PCX 160 ini menggunakan mesin baru Enhanced Smart Power Plus, 4-katup. Jika dibanding dengan PCX 150, jelas memang berbeda, dimana versi sebelumnya menggendong mesin eSP. Tapi memang mesin eSP+ ini merupakan versi upgrade dari mesin eSP biasa.

Mesin eSP+

Mesin generasi terbaru di PCX 160 ini diklaim lebih bertenaga namun tetap irit bahan bakar. Ini berkat penyesuaian yang dilakukan pada rasio bore/stroke hingga pengoptimalan sirkulasi udaranya.

Diameter borenya kini menjadi 60,0mm, lebih besar dari versi PCX 150 yang punya diameter 57,3mm. Kemudian strokenya diturunkan dari 57,9 menjadi 55,5mm. Total keseluruhan rasionya pun lebih tinggi, dari 10,6:1 menjadi 12:1.

“Dengan stroke yang lebih pendek, piston dan strokenya menjadi lebih sedikit gesekannya. Jadi, pembakarannya lebih optimal dan efisiensi gas buangnya lebih meningkat,” kata Tim Techical Service Division PT AHM.

Mesin eSP+

Tidak hanya itu, sistem pembuangan udara pada mesin juga sudah ditingkatkan. Area Air Cleaner ke inlet pipe sudah diperluas, sehingga aliran udara lebih lancar. Kemudian mesin eSP Plus ini juga sudah menggunakan Rectifier yang menjaga udara terbuang tetap berada di jalurnya.

“Drivability mesin menjadi optimal pada sudut bukaan throttle yang sempit. Aliran udara sekarang kini menjadi satu jalur, jadi tidak meluas ke area lain. Ini untuk meminimalisir terjadinya turbulensi pada mesin,” jelasnya.

Secara performa, mesin baru ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 16 PS pada putaran mesin 8.500 rpm. Kemudian torsi puncaknya sebesar 14,7 Nm pada 6.500 rpm. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*