Ini Beberapa Jenis Ban yang Cocok Digunakan Saat Musim Hujan

0
83
Jenis Ban
Rupanya, ada beberapa jenis ban yang cocok untuk digunakan saat musim hujan. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Di musim hujan, banyak risiko yang bisa timbul dan merugikan pengendara motor jika jenis ban yang dipakai tidak mendukung, seperti ban yang selip misalnya. Jika ban sampai kehilangan traksi saat berkendara, maka kendaraan bisa jatuh dan tergelincir. 

Oleh karena itu, demi menghindari risiko yang tidak diinginkan, Wahana Honda pun membagikan informasi berupa apa saja jenis-jenis ban yang cocok digunakan saat musim penghujan.

Pertama, Wahana menganjurkan untuk memilih ban yang memiliki banyak alur pada tapaknya. Sebenarnya, ban bawaan pabrik sudah lebih dari cukup, namun jika Motoris merasa kurang nyaman dan ingin ganti ban, Motoris bisa memilih ban yang memiliki banyak alur di tapaknya yang berfungsi untuk memecah genangan air yang ada di jalan. Tapak ini juga berguna untuk menjadi jalur air mengalir, sehingga dapat meminimalisir risiko ban selip atau licin.

Kedua, disarankan untuk menghindari penggunaan ban semi slick karena pola tapaknya minim, yang otomatis akan sulit digunakan saat melewati genangan air. Alur yang minim bisa mempersulit ban untuk memecah air dan bisa menimbulkan risiko ban selip bahkan aquaplaning.

Selain bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain, ban semi slick juga memiliki cengkraman yang kurang kuat di jalan basah, sehingga proses pengereman jadi kurang maksimal dan butuh waktu lebih untuk menghentikan laju kendaraan.

Ketiga, gunakan ban yang memiliki alur bermotif huruf V atau seperti ujung anak panah. Ban jenis ini termasuk ke dalam kategori unidirectional yang umumnya direkomendasikan untuk melibas jalan kering maupun basah. Motifnya membuat ban ini sangat efektif dalam memecahkan genangan air, sehingga risiko ban selip atau aquaplaning pun bisa dihindari dan diantisipasi.

Nah, itu tadi beberapa jenis ban motor yang cocok digunakan untuk berkendara di musim penghujan. Tetapi selain faktor ban, perhatikan juga kecepatan saat berkendara karena kecepatan yang terlalu tinggi rawan tergelincir akibat jalanan licin. Aquaplaning pun juga bisa terjadi jika berkendara melewati genangan air dengan kecepatan cukup tinggi. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*