MotoGP Australia 2021 Terancam Batal Digelar, Ini Alasannya

0
24
MotoGP Australia 2021
Sirkuit Phillip Island. Foto: MotoGP

NaikMotor – MotoGP Australia 2021 yang akan berlangsung di Sirkuit Philip Island, terancam batal digelar. Hal tersebut disebabkan pandemi Covid-19 gelombang ketiga yang menyerang Negeri Kanguru.

Dalam kondisi darurat Virus Corona, pemerintah Australia menegakkan kebijakan untuk menutup kunjungan pariwisata sepanjang tahun 2021.

“Tahun ini kami masih akan melakukan pembatasan di perbatasan yang substansial,” kata Menteri Kesehatan Australia, Brendan Murphy.

Australia memang tengah menjadi sorotan terkait penyelenggaraan event olahraga dunia tahunan. Pada 7 Februari 2021, Australia direncanakan akan menggelar Tennis Open. Sebanyak 72 petenis yang datang dikarantina di kamar hotel tanpa ada kesempatan untuk menjalani pelatihan.

MotoGP Australia 2021

Saat seluruh petenis turun dari pesawat, ditemukan kasus positif Covid-19. Hal ini lah yang menyebabkan keraguan MotoGP Australia batal digelar, meskipun saat ini pemerintah setempat tengah menggalakkan kampanye vaksinasi.

Selain masalah pandemi, kondisi Sirkuit Phillip Island juga menjadi faktor lain dari pembatalan MotoGP Australia 2021. Infrastruktur sirkuit yang memiliki panjang 4,4 km ini dinilai sudah ketinggalan zaman.

Hal ini terlihat dari pintunya yang terlalu kecil, tempat parkir tim yang berada di halaman rumput, hingga pintu masuk paddock di jalanan tanah. Tidak ada alternatif sirkuit lain yang bisa digunakan jika ingin menggelar race MotoGP di Australia.

Namun kontrak jangka panjang dengan Dorna jelas hanya berlaku jika persetujuan FIM Grade A untuk Phillip Island, diperpanjang pada akhir tahun ini.

Hipotesis yang berkembang saat ini memungkinkan penunjukan Phillip Island akan dipindahkan ke awal kejuaraan, tepatnya pada MotoGP musim 2022. Pasalnya, saat ini masih banyak hal yang harus dikerjakan oleh penyelenggara. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*