M1 Yamaha Bakal Lebih Cepat di MotoGP 2021, Crutchlow Pengetesnya

0
47
Tim Pabrikan Yamaha
Yamaha YZR-M1. Foto: Instagram/YamahaMotoGP

NaikMotor – Tim pabrikan Yamaha akan menargetkan motor yang digunakannya di MotoGP 2021 lebih cepat 0,1 detik setiap lap-nya. Yamaha menunjuk mantan Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow sebagai pembalap pengujinya.

Cal Crutchlow diharapkan bisa menjadi titik balik evolusi motor MotoGP Yamaha, yakni YZR-M1. Cal sebelumnya dijadwalkan tampil pada tes pramusim di Sepang ada Februari mendatang. Namun sepertinya Cal akan melakukan tes di Qatar, karena tes di Sepang dibatalkan.

Dalam tes MotoGP, pria asal Inggris ini tidak hanya mencoba suku cadang dan pembaruan motor, tetapi juga bertugas mencari grip pada roda belakang dan top speed. Data tersebut akan berpengaruh terhadap perubahan yang akan dilakukan Yamaha untuk MotoGP 2021.

Tim Pabrikan Yamaha
Cal Crutchlow. Foto: Instagram/calcrutchlow

Dalam hal pengembangan YZR-M1, Cal akan terus berkomunikasi dengan para rider, mekanik, hingga manajemen Yamaha. Karena menurutnya, hal itulah yang dapat menyukseskan target tim pabrikan Yamaha.

“Sia-sia jika mengikuti tes, tetapi tidak berbicara dengan mereka selama empat bulan. Dibutuhkan komunikasi dengan pabrikan, rider, mungkin juga dengan mekanik dan kepala teknisi,” kata Cal.

Dalam tes musim ini, Cal akan memiliki tugas yang cukup berat, yakni menemukan bahan untuk meningkatkan kecepatan motor sebesar sepersepuluh atau 0,1 detik.

“Menghasilkan sepersepuluh detik di setiap lap berarti mendapatkan dua sampai tiga detik di beberapa lap dalam balapan. Kami harus mencoba suku cadang dan lain hal untuk bisa meningkatkan kecepatannya,” ujarnya. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*