Ikuti Espargaro, Wanita Teknisi Data KTM Merapat ke Repsol Honda

0
61
Jenny Anderson
Jenny Anderson. Foto: KTM

NaikMotor – Tim Repsol Honda mendapat kejutan di paddocknya untuk musim MotoGP 2021. Teknisi data andalan KTM, Jenny Anderson kini merapat ke garasi Marc Marquez.

Menurut informasi dari Pecinogp.com, Jenny Anderson akan menggantikan posisi Gerold Bucher untuk menjabat sebagai Teknisi Data Repsol Honda. Bucher yang sudah bekerja untuk Marquez sejak 2014 ini memutuskan untuk berhenti menjadi teknisi data Honda pada akhir 2020 lalu.

Anderson sebelumnya bekerja sebagai teknisi data untuk Pol Espargaro di Red Bull KTM Factory Racing. Wanita asal Inggris akhir mengikuti jejak Espargaro untuk pindah ke Repsol Honda, namun ia akan bekerja di paddock Marquez.

Dalam wawancaranya dengan Australian Motocycle News Magazine, Anderson mengaku memasuki dunia MotoGP berkat pengalamannya di ajang balap GP2 dan GP3.

“Waktu itu kepada departemen elektronik KTM mewawancarai saya melalui Skype. Awalnya mereka ragu merekrut teknisi yang berasal dari balap mobil, karena mentalitasnya yang cukup berbeda dengan balap motor,” ucapnya.

Keputusan pun berubah setelah mengetahui Anderson sempat bekerja dengan Magneti Marelli, sebuah perusahaan yang menyediakan penyeragaman sistem elektronik untuk MotoGP sejak 2016. Akhirnya eks pembalap gokart ini berhasil bergabung dengan tim KTM.

Kiprah Anderson di KTM cukup menjanjikan. Dirinya telah terlibat dalam pengembangan RC 16 sejak awal perakitannya. Pengalamannya di unit kontrol dan software Magneti Marelli berguna untuk pengembangan prototipe MotoGP asal Austria ini.

“Saya bergabung dengan proyek KTM pada 2015, sebelum kami punya motor MotoGP, dan saya mengerjakannya di markas dengan penuh waktu di departemen elektronik,” katanya, sebagaimana dikutip dari Blog KTM.

Mulai musim depan, Anderson akan menjadi satu-satunya wanita yang berada di tim paddock Marc Marquez. Wanita lulusan Oxford University ini akan bertanggung jawab atas strategi dan manajemen sistem elektronik MotoGP, yang melingkupi traksi, engine braking, penyaluran tenaga, dan lainnya. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*