Menjajal All New CBR150R dengan Beberapa Catatan

0
59
Menjajal All New CBR150R
Test Ride All New CBR150R. Foto: Nazar Ray

NaikMotor – Dibuat menyerupai CBR250RR, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan generasi kelima CBR150R dengan berbekal beberapa ubahan baru. Kami berkesempatan menjajal All New CBR150R di trek AHM Safety Riding di Cikarang, Kamis (14/1/2020).

Sebagai sportbike kompak, New CBR150R kali ini dirancang lebih modern dari sisi desain dan tuntutan pasar akan kebutuhan kenyamanan dan keamanan. Acuannya adalah Honda CBR250RR yang sebelumnya telah direvisi pada peluncuran di Oktober 2020.

Dari generasi sebelumnya, CBR150R kini bertambah bobot 2kg  menjadi 139 kg untuk tipe ABS. Penggunaan fork depan upside down Big Piston Front Fork (BPF) juga berpengaruh terhadap kenyamanan saat mengendarainya. Oiya, tipe upside down ini berbeda dengan fork depan CBR250RR yang sudah menggunakan model cartridge menurut Endro Sutarno selaku Technical Service Division AHM.

Saat diberikan kesempatan menjajal All New CBR150R oleh AHM, kami sangat antusias karena ingin merasakan hal baru dari sportbike ini. Desain bodi yang lebih agresif ketimbang model sebelumnya menjadi pemicu kami untuk segera memacunya. Posisi berkendaran untuk model sport touring cukup ergonomis karena punya kontur lebih tinggi jadi tidak mudah pegal walau membungkuk. Lutut juga makin lengket menempel ke tangka karena didesain mengikuti posisi kaki ketika menekuk Begitu juga dengan kaki yang menjejak ke bawah dengan leluasa termasuk ketika menempel ke footpeg.

Catatan kami adalah suspensinya empuk baik di belakang maupun di depan, iyalah..sudah upside down. Satu hal yang menjadidi catatan, kalau shockabsorber belakangnya sekarang sudah tidak lagi menggunakan stelan kekerasannya, karena menurut Endro Sutarno, jarang sekali yang mengerti soal setting suspensi. Hal ini juga berlaku di fork depan upside down sudah fixed. Makanya, ketika memacu melalui trek berkelok seperti chicane bahkan ketika U turn atau memutar balik masih dirasakan stabil tanpa khawatir geser untuk rebah. Ditambah lagi pengereman yang sudah dilengkapi ABS, makin lebih aman khususnya ketika bermanuver ekstrem.

Foto: AHM

Hal lain yang kami rasakan adalah akselerasi lebih responsif dari mulai tarikan awal dan tanpa gejala jeda saat downshift. Pengaplikasian Assist & Slipper Clutch ternyata membuat kopling lebih enteng karena sekarang hanya menggunakan tiga per di dalamnya. Begitu juga saat secara ekstrem menurunkan gigi di tikungan, tanpa dirasakan gejala geser. Secara teori pada saat mesin berputar cam assist karena daya putarnya berfungsi seperti penarik clutch hub dan bersama operating plate menekan plat kopling. Sehingga mengurangi tekanan per kopling, yang dirasakan oleh pengendara ketika menarik tuas kopling menjadi ringan.

Selain itu hal baru yang dibenamkan ke CBR150R sekarang adalah mapping ECU, air intake dan muffler knalpot baru untuk mendongkrak performanya. Jadi, hal yang menjadi catatatn kami saat menjajal All New CBR150R ini adalah bahwa  motor ini bisa menjadi tunggangan yang nyaman buat harian atau juga dibawa touring dari riding position khususnya. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*