Jadi Produsen Superbike, Kenapa Kawasaki Tidak Ikut MotoGP?

0
Kawasaki di MotoGP
Motor Kawasaki untuk balap MotoGP. Foto: Visordown

NaikMotor – MotoGP menjadi kompetisi balap motor yang diikuti oleh sejumlah pabrikan sepeda motor besar. Namun pernahkah Anda mendengar nama Kawasaki di MotoGP?

Sebenarnya Kawasaki sempat ikut serta dalam balap MotoGP, namun tim pabrikan asal Jepang ini memutuskan untuk hengkang dari kompetisi ini dengan beberapa alasan.

Bila mengutip dari laman Visordown, diketahui bahwa Kawasaki memutuskan mundur dari MotoGP tepat 13 tahun lalu, yakni pada musim MotoGP 2008/2009. Adapun alasan mundurnya Kawasaki ini disebabkan krisis ekonomi.

Kawasaki di MotoGP

Pada saat itu, krisis ekonomi global tengah melanda dan Kawasaki tidak bisa mendapatkan penghasilan yang diharapkan dari MotoGP. Akhirnya, pabrikan ini memutuskan untuk fokus ke proyek-proyek yang lebih ringan, yakni WorldSBK.

Selain masalah krisis ekonomi, Kawasaki juga mengaku sangat berat untuk menghabiskan dana di MotoGP. Pasalnya untuk mengatur tim-tim papan atas setidaknya harus menggelontorkan dana sebesar 30 sampau dengan 40 juta Pound Sterling atau sekitar Rp 576 sampai dengan Rp 768 miliar per tahun.

Selama berkiprah di MotoGP, Kawasaki sempat menjalin kontrak dengan pembalap Marco Melandri dan tim Hayatee. Melandri menunjukkan konsistensi dengan selalu masuk sepuluh besar pada setiap seri balapan dengan bermodalkan Kawasaki ZX-10RR 2009 yang dikembangkan dengan sumber daya terbatas. Bahkan pembalap kelahiran Italia ini juga sempat menaiki podium di MotoGP Prancis.

Kawasaki di MotoGP

Meskipun memilih fokus ke ajang balap WolrdSBK, namun sepak terjang Kawasaki di kompetisi ini juga terbilang kurang bagus. Dari tahun 1998 hingga 2010, Tim Hijau hanya mampu meraih empat kemenangan saja.

Namun pada 2012, Kawasaki berhasil menemukan titik baliknya, di mana saat itu Tim Hijau menjadi penantang reguler. Di tahun itu, ZX-10R menjadi superbike paling populer di dunia berkat kemenangannya di berbagai gelar nasional.

Tren positif terus berlanjut di tahun 2015, 2016, 2017, hingga 2018, lewat pembalap Jonathan Rea. Namun hasil tersebut masih belum bisa membawa Kawasaki untuk kembali ke kelas premier MotoGP.

Kawasaki di MotoGP

Dapat diketahui bahwa permasalah utama Kawasaki tidak ikut dalam balap MotoGP disebabkan oleh masalah finansial. Memang MotoGP merupakan ajang pertaruhan finansial. Uang tidak akan bisa kembali jika tidak ada prestasi yang ditorehkan. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here