BL SEV01, Sportbike Listrik Garapan Universitas Budi Luhur

0
18
Sportbike Listrik BL-SEV01
Motor listrik BL-SEV01. Foto: UBL

NaikMotor – Universitas Budi Luhur berhasil membuat sebuah sepeda motor listrik bergaya sport yang diberi nama BL-SEV01 (Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01). Sportbike listrik BL-SEV01 ini merupakan prototipe yang diharapkan bisa diproduksi massal.

Sportbike listrik ini merupakan hasil kolaborasi dengan rumah modifikasi Katros dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Motor listrik ini dibuat dengan penyesuaian karakteristik dan kondisi medan di Indonesia.

Sportbike Listrik BL-SEV01

BL-SEV01 menggunakan motor listrik BLDC 96 Volt yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 16 kW. Motor listrik ini ditenagai baterai lithium-ion berkapasitas 48Ah dengan controller 96 Volt 200 Ampere.

Meskipun belum pernah dilakukan uji jalan, namun menurut Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, motor listrik ini mampu melaju dengan kecepatan 130 sampai dengan 160 kilometer per jam.

“Jika disetarakan dengan motor konvensional saat ini, mungkin BL-SEV01 ini setara dengan motor bermesin 250cc. Memang kecepatan dan torsi motor ini cukup berlimpah,” kata Sujono

Dalam sekalian pengisian baterai, sportbike listrik ini bisa mencapai jarak maksimal 110 kilometer. Kemudian untuk pengisian baterainya dari kondisi kosong sampai penuh, hanya butuh waktu 4 jam.

Sportbike Listrik BL-SEV01

Sujono juga mengatakan kenyamanan berkendara dan akselerasi motor listrik bergaya cafe racer ini juga terbilang cukup baik. Desain sportbike yang kuat, tangguh, dan agresif juga membuat motor ini memiliki handling yang nyaman saat diajak melaju dikecepatan tinggi.

“Saat ini motor ini jadi, kami sudah menimbang untuk distribusi bobot kendaraan. Hasilnya, distribusi bobot ke roda depan dan roda belakang itu cukup seimbang, hanya selisih 2 kilogram saja,” jelasnya.

Dari sektor desain, Andi Akbar dari rumah modifikasi Katros mengungkapkan bahwa sportbike listrik BL-SEV01 ini dibangun menggunakan desain yang futuristik. Ini bertujuan untuk mengikuti budaya masyarakat masa kini yang serba modern.

Sportbike Listrik BL-SEV01

“Saya sudah berkomunikasi dengan pihak Budi Luhur, dan mereka meminta saya untuk membuat desain motor yang modern. Oleh sebab itu, saya buat motor ini lebih futuristik,” ucap Athenk sapaan akrab Andi. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*