Yamaha Scorpio Banyak Dijadikan Bahan Motor Custom, Ini Alasannya

0
1323
Yamaha Scorpio Custom
Yamaha Scorpio. Foto: YIMM

NaikMotor – Saat ini memang sudah cukup banyak sepeda motor keluaran pabrikan yang bisa dijadikan basis untuk modifikasi retro. Namun nyatanya, ada sepeda motor yang menjadi langganan para pecinta motor custom untuk dimodifikasi adalah Yamaha Scorpio.

Yamaha Scorpio merupakan salah satu motor naked bike yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2002. Motor yang disebut juga sebagai RX-King versi 4 tak ini secara keseluruhan sudah meluncur dalam tiga generasi, dimana generasi terakhir adalah Yamaha Scorpio Z yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu.

SAC Depok

Meskipun keberadaannya sekarang sudah sangat jarang di pasaran maupun di jalanan, namun siapa sangka motor garapan produsen otomotif berlambang garpu tala ini masih populer di industri custom motor. Menurut General Affair Street Arts Custom, Reza Saputra, Yamaha Scorpio ini punya beberapa keunggulan ketimbang motor lain yang membuatnya menjadi mudah untuk dimodifikasi.

“Scorpio itu dimensi mesinnya sudah oke dan cc-nya juga sudah cukup memadai. Kemudian bentuk rangkanya juga sudah mendukung untuk dicustom, jadi tidak terlalu ribet dan risiko kesalahan customnya juga lebih kecil,” jelas Reza.

“Sebenarnya masih ada beberapa motor lain yang bisa dijadikan basic custom, misalnya Tiger, Ninja 250, dan Megapro. Cuma kalau Tiger dan Megapro itu masih jarang karena mungkin kubikasi mesinnya yang kurang besar,” lanjut Reza.

Yamaha Scorpio Custom
Yamaha Scorpio Scrambler garapan SAC Depok. Foto: SAC

Reza mengatakan bahwa memang saat ini populasi Yamaha Scorpio di pasaran sudah sangat sedikit. Namun untuk kebutuhan custom masih cukup mudah untuk didapatkan, bahkan dengan kondisi motor yang masih prima dan pajak hidup.

“Kalau memang ada pesanan custom motor Scorpio, tim SAC dalam waktu tiga hari bisa dapat motor tersebut. Untuk sekarang kisaran harga Scorpio berada di angka Rp 14 juta sampai dengan Rp 17 jutaan,” katanya.

Yamaha Scorpio bisa dikatakan sebagai motor yang fleksibel untuk dimodifikasi dengan segala model. Reza menuturkan bahwa motor sport naked ini bisa diubah dengan gaya scrambler, cafe racer, bahkan hingga ke model chopper.

“Scorpio itu memang yang paling gampang dibentuk. Mesin hingga rangka bawaannya tidak terlalu banyak mengalami perubahan untuk membuat motor custom,” tutur Reza. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*