Bahan Bakar Terkontaminasi, Pembalap Yamaha Mundur dari Reli Dakar 2021

0
41
Andrew Short Reli Dakar
Yamaha mengumumkan pada Selasa (05/01/2020) mengenai mundurnya Andrew Short dari Dakar Rally 2021 akibat bahan bakarnya terkontaminasi. Foto: Yamaha

NaikMotor – Pembalap Monster Energy Yamaha Rally Team, Andrew Short, terpaksa mundur dari Reli Dakar Stage 2 karena bahan bakar yang terkontaminasi sehingga motornya mengalami gangguan. 

Andrew Short tidak memiliki pilihan lain selain meninggalkan balapan karena motor yang ia tunggangi tidak bisa dinyalakan akibat bahan bakar yang digunakan ternyata terkontaminasi. Pembalap Amerika ini terpaksa mundur dari Stage 2 Dakar Rally 2021 setelah berhenti tidak lama dari pemberhentian pengisian bahan bakar kedua 267 km ke Stage khusus.

Saat dilakukan pemeriksaan motor, teridentifikasi masalahnya adalah bahan bakar yang terkontaminasi, air juga ditemukan di tangki bahan bakar dan pomba bahan bakar di motor Short.

Rupanya, air juga ditemukan di dalam bahan bakar Franco Caimi ketika tangki bahan bakar habis setelah kompetisi. Nasib baik berpihak ke pembalap asal Argentina tersebut karena kontaminasi bahan bakarnya tidak separah rekan setimnya dan Caimi berhasil menyelesaikan tahapan hari itu.

Karena bahan bakar terkontaminasi yang menyebabkan masalah pada Andrew Short dipasok oleh penyelenggara dan otomatis di luar kendali tim, tim pun mengajukan permintaan resmi kepada FIM untuk membekukan hasil tahapan di Checkpoint 2, namun permintaan ditolak dan Short dinyatakan tidak akan berpartisipasi lagi di Reli Dakar 2021.

Tangki bahan bakar 4 motor Yamaha yang tersisa pun dikosongkan dan pompa bahan bakar diganti menjelang Stage 3 kemarin akibat kontaminasi ini.

“Saya sedih dan kecewa untuk Andrew. Dia telah mencurahkan begitu banyak waktu dan energi untuk mempersiapkan Reli Dakar, yang pertama bersama Tim Reli Yamaha Monster Energy, dan kami memiliki harapan besar dia bertarung di garis depan menjelang event tersebut,” ungkap Alexandre Kowalski, Manajer Balap Off-Road Yamaha Eropa.

“Andrew diberi bahan bakar dari kaleng bahan bakar baru pada pemberhentian pengisian bahan bakar kedua di Stage 2 kemarin dan bahan bakar ini jelas terkontaminasi air, yang berakhir di tangki bahan bakarnya. Melihat dia dipaksa keluar dari reli, setelah persiapan besar-besaran oleh dia dan timnya, oleh sesuatu yang benar-benar di luar kendali kami sungguh membuat frustrasi.”

“Karena bahan bakar yang terkontaminasi dipasok oleh penyelenggara, kami mengajukan permintaan kepada FIM untuk membekukan hasil di Checkpoint 2, yang akan memungkinkan Andrew untuk memulai hari ini, tetapi permintaan ini ditolak. Ini mengecewakan untuk semua orang, tetapi balapan terus berlanjut dan sekarang kami harus fokus pada empat pembalap tersisa, yang semuanya melakukan pekerjaan dengan baik. Tahun ini kami benar-benar bagian dari permainan dan kami akan terus berusaha hingga akhir,” jelasnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*