Lewati Tahap Pertama Rally Dakar 2021, ini Kata Monster Energy Yamaha Rally Team

0
54
Monster Energy Yamaha Rally
Monster Energy Yamaha Rally Team berhasil lalui tahap pertama Rally Dakar 2021 meski ada kendala. Foto: Yamaha Racing

NaikMotor – Monster Energy Yamaha Rally Team berhasil menyelesaikan tahap pembukaan atau pertama dari Rally Dakar 2021. Salah satu pembalap Yamaha pun sukses berada di urutan 10 besar. 

Tim Reli Dakar Yamaha memulai Reli Dakar musim ini dengan menempatkan semua pembalap dalam 20 besar dalam tahap pertama. Salah satu pembalap Yamaha, Franco Caimi, percaya diri untuk mengklaim hasil terbaik dan terbukti dengan hasil akhir berupa menduduki P7 dengan motor WR450F yang ia tunggangi.

Meski baru tahapan pertama dari 43, Yamaha mengungkapkan ini tidak mudah walau hanya berlangsung di jalan dengan medan berbatu. Navigasi yang akurat sangat penting sejak awal. Semua pembalap Monster Energy Yamaha Rally pun menghadapi ngarai dan lereng bukit berbatu, sehingga keterampilan dan kesabaran dari seluruh skuad diuji.

Selanjutnya, di tahap kedua, tim Monster Energy Yamaha akan bertemu dengan bukit pasir pertama di kompetisini ini. Setiap pembalap akan kembali diuji keterampilan navigasinya sepanjang 457 kilometer khusus dan setelah selesai, hari itu akan berakhir di kota Wadi Ad-Dawasir.

Pembalap tim Rally Monster Energy Yamaha yang terdiri dari Adrien Van Beveren, Franco Caimi, Andrew Short, Ross Branch, dan Jamie McCanney, membagikan cerita dan pengalaman yang mereka rasakan di tahap awal ini.

“Senang sekali bisa balapan lagi di Dakar dan saya sangat bersyukur kami bisa balapan mengikuti apa yang terjadi tahun lalu dengan pandemi. Tahap hari ini sangat bagus untuk saya. Memulai di urutan ke-14 di atas panggung berarti ada beberapa baris untuk diikuti tetapi saya juga mengendarai debu yang tidak ideal. Tapi, secara keseluruhan, ketujuh di atas panggung adalah awal yang baik untuk reli. Motor saya bekerja dengan sempurna, saya sangat senang dengan semuanya dan di sana banyak hari balapan di depan,” tutur Caimi.

“Tahap hari ini cukup bagus untuk saya. Senang sekali bisa kembali balapan dan kami langsung ke sana dengan beberapa navigasi yang rumit sejak awal. Stage sangat berbatu, dan saya mungkin sedikit konservatif karena kami hanya memiliki enam ban belakang untuk gunakan selama acara. Ini mungkin menghabiskan beberapa waktu, tetapi mungkin bekerja lebih baik untuk saya besok. Saya sekitar delapan menit untuk menjadi pemimpin tetapi ini hanya hari pertama dan perjalanan yang panjang. Saya senang dengan bagaimana reli telah dimulai untuk saya dan saya menantikan hari esok,” papar Andrew Short.

“Saya tidak memiliki awal terbaik untuk reli dan ini bahkan sebelum balapan terjadi. Pada awal panggung, saya memiliki masalah dengan GPS saya jadi saya segera kembali ke bivak untuk yang lain. Itu juga memiliki a masalah jadi saya kemudian tidak punya pilihan selain mengikuti seseorang untuk memulai balapan khusus dan mengumpulkan GPS baru di sana,” ungkap McCanney.

“Itu sedikit mengganggu tapi begitu saya keluar mengendarai semuanya baik-baik saja dan saya dengan cepat mengejar beberapa pengendara dan kami dalam sedikit kelompok. Saya berjuang sedikit untuk melepaskan diri dari mereka yang sedikit membuat frustrasi. Banyak tindakan pada hari pertama dengan banyak hal yang terjadi jadi semoga besok akan berjalan sedikit lebih lancar,” lanjutnya.

Manajer Balap Off-Road Yamaha Eropa, Alexandre Kowalski pun mengungkapkan bahwa: “Jamie memiliki beberapa masalah GPS sebelum panggung dimulai tetapi ini telah diperbaiki dan dia berkendara dengan sangat baik. Beberapa kesalahan kecil seperti Andrew, tetapi awal yang baik bagi Jamie.”

“Aturan baru tampaknya telah menciptakan celah yang lebih besar dari biasanya setelah hari pertama, jadi ini bisa menjadi cara sisa reli berjalan. Navigasi jauh lebih penting tahun ini dan merupakan fokus utama dan jalan masih panjang. Secara keseluruhan, hari pertama yang positif. Kami memiliki pembalap yang sehat dan bahagia, jadi kami menantikan hari esok,” lanjutnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*