2020 Jadi Tahun Terbaik Red Bull KTM, Torehkan Banyak Prestasi di MotoGP

0
Red Bull KTM 2020
Miguel Oliveira raih P1 di MotoGP Styria 2020. Foto: KTM/Polarity Photo

NaikMotor – Musim 2020 disebut menjadi tahun terbaik bagi Red Bull KTM. Hampir di tiap klasemen Grand Prix, tim asal Austria ini berhasil mencatat berbagai prestasi.

Dimulai dengan MotoGP 2020, Pol Espargaro dan Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing, serta Miguel Oliveira dan Iker Lecuona dari Red Bull KTM Tech3 masing-masing telah berhasil menunjukkan performanya dengan menunggangi KTM RC16.

Kemenangan pertama KTM yang sensasional diraih oleh Brad Binder di MotoGP Brno. Pembalap asal Afrika Selatan ini menjadi pembalap pertama yang menang di kelas Moto3, Moto2 dan MotoGP dengan mesin KTM.

Red Bull KTM 2020
Foto: KTM

Tidak lama berselang, Miguel Oliveira turut meraih kemenangannya di GP Styria (23/08/2020). Lalu, ada juga Pol Espargaro yang memiliki podium terbanyak untuk tahun 2020.

Berikut akumulasi prestasi MotoGP yang ditorehkan oleh Red Bull KTM tahun 2020 (hanya tim pabrikan):

  • 3 Kemenangan (Binder: 1, Oliveira: 2)
  • 8 Podium (Binder: 1, Espargaro: 5, Oliveira: 2)
  • 3 Pole Position (Espargaro: 2, Oliveira: 1)
  • 4 Lap Tercepat (Binder: 2, Espargaro: 1, Oliveira: 1)
  • 27 10 Finish Teratas (Binder: 5, Espargaro: 10, Lecuona: 3, Oliveira: 9)
  • Ke-5 Kejuaraan Pembalap: Espargaro (saat ini tertinggi untuk KTM)
  • Ke-4 di Kejuaraan Konstruktor (dari 6, saat ini tertinggi)
  • Ke-3 di Kejuaraan Tim: Red Bull KTM Factory Racing
  • Ke-7 di Kejuaraan Tim: Red Bull KTM Tech3
  • Rookie of the Year: Brad Binder, Red Bull KTM Factory Racing
  • Rata-rata perbandingan poin per babak yang dimenangkan KTM: 2019 = 9.26, 2020 = 26,71 (meningkat 188,4%)
Red Bull KTM 2020
Foto: KTM

Selain kelas MotoGP, di Moto2, pembalap tim Red Bull KTM Ajo, Jorge Martin dan Tetsuta Nagashima berhasil membukukan 3 kemenangan (2 Martin, 1 Nagashima) dan total 8 penampilan podium. Martin juga mencatat 1 Pole Position.

Sementara itu, di Moto3, dengan menunggangi KTM RC4, Albert Arenas berhasil menjadi juara dunia keempat KTM. Totalnya ada 4 pembalap KTM yang diklasifikasikan dalam 10 besar klasemen Moto3, yaitu Celestino Vietti, Darryn Binder, dan Raul Fernandez. KTM menguasai 8 dari 15 lap untuk tahun ini dan mencatat 7 Pole Position, 6 lewat Fernandez dan 1 dari Binder.

Kemenangan Arenas di Qatar adalah yang ke-100 untuk KTM di aspal Grand Prix dan semua divisi, angkanya pun naik menjadi 110 di akhir tahun 2020.

“Ketika ban telah dingin dan peralatannya turun, kami harus melihat kembali pada tahun 2020 sebagai musim yang mungkin paling menantang bagi kami hanya dalam empat tahun di MotoGP tetapi sungguh menakjubkan. Semua statistik berbicara sendiri,” ujar ujar Pit Beirer, Direktur KTM Motorsports seperti yang dilansir langsung oleh KTM.

“Saya tidak dapat menggambarkan betapa berharganya melihat pembalap kami berkembang, tim kami, mesin kami: seluruh program telah mengambil langkah besar ke depan. Penghargaan diberikan kepada setiap orang yang memainkan peran mereka, apakah itu dalam kondisi sulit di sirkuit atau di rumah di sini di pabrik. Kami menekan berat badan kami pada tahun 2020 dan kami akan terus berayun untuk lebih banyak musim depan dan untuk tahun-tahun mendatang,” imbuhnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here