Pembalap Honda di WorldSBK Review Motor Baru dan Target Musim Depan

0
61
Pembalap Honda WorldSBK 2021
Leon Haslam dan Alvaro Bautista memberikan pendapatnya mengenai kalender, motor, dan target untuk musim depan. Foto: WorldSBK

NaikMotor – Leon Haslam dan Alvaro Bautista, pembalap Honda Racing Team (HRC) WorldSBK baru-baru ini saling berdiskusi mengenai musim 2021, motor baru, dan target menjelang musim depan. 

Pembalap tim Honda untuk kejuaraan WorldSBK 2021, Haslam dan Bautista ikut ambil bagian dalam sesi tanya jawab tim pabrikan pada Kamis (10/12/2020) lalu. Mereka berdua pun menjawab beberapa pertanyaan mengenai kemajuan motor Honda, hingga mesin baru yang akan digunakan musim depan.

Sempat menyinggung topik mengenai motor baru Kawasaki, ZX-10RR baru dan BMW M 1000 RR baru, Haslam mengungkapkan bahwa menurutnya Kawasaki adalah tim yang solid.

“Saya pikir, mengenal Kawasaki selama bertahun-tahun, alasan mereka kompetitif adalah karena tidak ada yang benar-benar berubah; mereka mendapatkan hasil maksimal dari tim yang sangat solid, dengan pembalap yang sama dan semuanya sama yang merupakan kebalikan dari apa yang kita sekarang dengan Honda,” ujar Haslam.

“Saya pikir kemampuan Honda jauh lebih tinggi dan semua yang mereka miliki akan kami peroleh seiring dengan waktu dan pengalaman. Saya pikir Kawasaki baru akan menjadi langkah kecil tetapi mereka juga harus menyempurnakan langkah kecil ini agar memiliki daya saing yang sama di masa lalu,” lanjutnya.

Sementara itu, Bautista memberikan tanggapannya mengenai performa motor yang tidak sampai 100% dari seharusnya dan kinerja mereka.

“Saya pikir saat ini kami berada di 70-75% dari kinerja maksimal kami. Dari awal musim hingga akhir, kami mengambil langkah besar dan sekarang, terutama balapan terakhir, saya mulai lebih merasakan motor di tangan saya. Sekalipun hasilnya bukan podium atau kemenangan, perasaan dengan motor itu cukup bagus,” paparnya.

“Saya mulai merasa jauh lebih baik dengan motornya dan juga bagi saya, ini adalah tantangan besar karena sepanjang hidup saya dengan motor empat tak, saya menggunakan v4 dan sekarang menjadi mesin in-line, sangat berbeda. Tahun ini saya belajar cara berkendara dengan jenis mesin ini.”

“Saya pikir dengan beberapa penyesuaian dan permintaan dari Leon dan saya kepada para insinyur Jepang, musim depan kami bisa mendekati 90-95% dari performa maksimal kami. Itu akan cukup untuk memperjuangkan podium dan berharap untuk mencoba mendapatkan 5-10% itu untuk memungkinkan kami berjuang untuk kemenangan,” imbuh Bautista.

“Saya sangat senang karena saya telah mengalami balapan dengan beberapa legenda, seperti Bayliss dan Biaggi dan saya pikir saya telah naik podium dengan enam pabrikan berbeda sekarang, tetapi sejujurnya ini adalah waktu yang menyenangkan. Dengan Honda kembali ke Kejuaraan, upaya semua pabrikan lain seperti Yamaha, Ducati, Kawasaki dan BMW mungkin yang terkuat yang pernah saya lihat dari persaingan tetapi juga pabrikan,” terang Haslam.

“Terlibat langsung dengan pabrikan, terutama HRC, mungkin adalah waktu yang paling menyenangkan dan juga bagi saya, selama bertahun-tahun Anda memiliki harapan di mana Anda bisa bersama motor dan tim, dan ini bagi saya paling menyenangkan karena saya tahu, pada waktunya, kita bisa menang,” tutup pembalap asal Inggris ini. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*