Tips Mengendarai Moge dengan Aman untuk Pemula dari Wahana

0
57
riding puasa
Wahana Honda bagikan informasi mengenai barang apa saja yang perlu disiapkan saat akan riding di kala puasa. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Teruntuk Motoris yang ingin mulai mencoba naik atau menunggangi motor gede alias moge, ada tips naik moge dari Wahana Honda, nih! 

Motor gede atau moge tentunya memiliki kharisma tersendiri bagi pecintanya. Untuk cara berkendaranya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dari roda dua lainnya, hanya saja moge memiliki kapasitas mesin yang besar dan bodinya berukuran jumbo.

Wahana Honda pun kembali membagikan tips bermanfaat, kali ini tentang cara naik moge dengan aman bagi pemula. Berikut ini cara-caranya:

  • Berkendara dengan hati-hati dan perhatikan tarikan gas motor

Sebagai motor yang mengadopsi kapasitas mesin lebih besar, power motor pun jadi lebih besar dibanding motor matik atau kopling. Oleh karena itu, pastikan untuk berhati-hati saat menungganginya.

Hindari menarik gas terlalu kencang karena sudah pasti akan mempengaruhi laju kecepatan motor, apalagi jika berkendara di jalan yang cukup padat. Untuk mengendarai mode di jalan raya, tarik gasnya secara perlahan, karena itu sudah bisa membuat motor melaju lebih cepat dibanding jenis motor lain.

  • Pastikan keseimbangan tubuh saat berkendara

Saat menaiki moge, tinggi badan pun jadi ikut terpengaruh karena besarnya bodi motor. Bahkan disebut tidak jarang orang-orang yang tidak terlalu tinggi merasa kesulitan saat menopang motor dengan kaki.

Untuk itu, teknik menyeimbangkan tubuh saat berkendara dengan moge pun harus dipelajari. Pastikan kaki cukup kuat dan bisa digunakan untuk menopang beban motor jika berhenti sesaat.

  • Gunakan standar samping saat akan menaiki motor

Teruntuk motoris dengan postur tubuh kecil, upaya menaiki moge kerap menjadi masalah utama. Untuk mempermudah, turunkan standar sampingnya terlebih dulu, baru dinaiki. Hal ini bisa membantu menahan bobot motor agar lebih mudah untuk ditunggangi.

  • Perhatikan penggunaan rem yang tepat

Dengan cc mesin besar dan tarikan yang lebih liar, Motoris harus pandai dalam menggunakan rem saat berkendara. Pastikan untuk mengetahui karakteristik tuas rem kendaraan dan kenali jarak main rem saat berkendara di jalan raya agar mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengerem dari jarak yang sudah ditentukan.

  • Posisi tubuh pastikan selalu tegak

Menurut Wahana, posisi terbaik dalam menunggangi motor gede adalah dengan posisi tubuh tegak dan paha menempel pada tangki. Selain berfungsi untuk mengurangi rasa lelah, juga untuk memudahkan dalam mengendalikan motor saat berkendara.

Selain tips di atas, jangan lupa untuk mengenakan safety gear, seperti helm, jaket, sepatu, dan lainnya untuk memberikan perlindungan serta membuat pengalaman berkendara jadi lebih nyaman dan menyenangkan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*