Indonesia Masuk ke Kalender WorldSBK 2021, Jonathan Rea Excited!

0
74
WorldSBK 2021 Indonesia
Sirkuit Mandalika, Indonesia masuk ke kalender WorldSBK 2021, tinggal menunggu hasil homologasi. Foto: WorldSBK

NaikMotor – Akan kembali berpartisipasi di WorldSBK setelah 23 tahun, FIM dan Dorna meluncurkan kalender sementara dengan mencantumkan nama Indonesia, Seri itu akan dihekat di Sirkuit Mandalika untuk menjadi tempat digmusim 2021. 

Diluar proses tengah menunggu hasil homologasi, Kejuaraan Dunia Superbike Motul FIM 2021 akan kembali diselenggarakan di Indonesia untuk pertama kalinya sejak tahun 1997. WSBK Indonesia pertama kali digelar pada tahun 1994 di Sirkuit Sentul, dan balapan tahun itu dimenangkan oleh pembalap Inggris, James Whitham untuk Race 1, dan Carl Fogarty P1 di Race 2. Selanjutnya, WorldSBK kembali berlangsung di Tanah Air pada tahun 1997, dan itu menjadi balapan terakhir WSBK di Indonesia sejauh ini sebelum 2021 besok.

Mengingat sirkuit masih dalam tahap pembangunan dan homologasi, Ricky Baheramsjah selaku CEO dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Promotor Putaran WorldSBK Indonesia, menyambut dengan baik pengumuman FIM dan DWO yang telah menetapkan tanggal untuk Mandalika.

“Kami optimistis proses sirkuit dan homologasi bisa tercapai pada pertengahan 2021,” ungkapnya.

Selain itu, Gregorio Lavilla selaku Championship Executive Director juga mengungkapkan bahwa semuanya sangat bersemangat dan siap mencicipi sirkuit baru.

“Pertama, semua tim, pembalap, sponsor dan pabrikan sangat bersemangat untuk pergi ke Indonesia, karena Indonesia memiliki beberapa penggemar paling bersemangat di dunia serta memiliki pasar yang besar untuk konstruktor,” ujar Lavilla.

“Setelah 23 tahun berlalu, sudah waktunya bagi WorldSBK untuk kembali ke Indonesia dan kami tidak sabar untuk melakukannya di venue baru Mandalika di Lombok, dan kami pasti akan mendapat sambutan yang besar dari para penggemar Indonesia,” imbuhnya.

Pemegang gelar juara 6 kali berturut-turut, Jonathan Rea dari Kawasaki Racing Team rupanya juga sudah tidak sabar untuk segera pergi ke Indonesia karena kagum dengan penggemarn di Tanah Air.

“Tambahan baru yaitu Indonesia akan menjadi sangat menarik bagi pembalap yang akan pergi ke sana. Ini adalah pasar yang sangat besar bagi Kawasaki. Saya sudah sering ke sana dan fans Indonesia luar biasa. Sebenarnya saya pernah berkendara di Jakarta beberapa tahun yang lalu untuk presentasi Ninja 250 dan bahkan melewati jalanan Jakarta dalam perjalanannya, banyak sekali fans yang mengikuti kami. Saya yakin World Superbike akan mendapat sambutan hangat saat kami tiba di sana!,” papar Rea. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*