Tips Aman Berkendara Ala Don Seco dari Kampanye Michelin Safe Mobility 2020

0
94
Tips Berkendara
Michelin Safe Mobility 2020 bagikan tips aman berkendara bersama Don Seco. Foto: Istimewa

NaikMotor – Dengan menggaungkan hashtag #BergerakAman dan #AmanBersamaMichelin, salah satu produsen ban terbesar ini membagikan tips aman berkendara lewat webinar bertema Safe Driving dari kampanye Michelin Safe Mobility 2020

Michelin mengadakan webinar pada Sabtu (28/11/2020) kemarin sebagai salah satu rangkaian kampanye keselamatan dalam mobilitas yang juga didukung oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Federasi Automobil International (FIA).

Poppy Sovia, aktris dan penghobi otomotif hadir sebagai pemandu acara yang bertema Aman Berkendara atau Safe Driving pada sesi kedua. Selain itu, ada juga Don Seco, Off-Road and Adventure Enthusias, dan Mochammad Fachrul Rozi selaku Customer Engineering Support Michelin Indonesia yang membahas mengenaik tips aman berkendara teruntuk seluruh pengguna jalan, terutama yang mobilitasnya tinggi.

Tips Berkendara

Dalam acara kali ini, Don Seco pun berbagi tips dan informasi mengenai hal penting yang perlu diperhatikan dalam berkendara, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh. Ada tiga tips yang ia berikan saat webinar. Apa saja ya kiat berkendara aman menurut Don Seco?

Pertama, dianjurkan untuk awas akan kondisi jalan dan kondisi pengendara. Pengguna jalan dianjurkan untuk mengecek ruter terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan. Hal ini sangat diperlukan untuk mengantisipasi dan mematangkan persiapan berkendara.

Ia juga mengingatkan agar ekstra hati-hati dan memperhatikan keselamatan pengguna jalan lain, seperti pesepeda maupun pejalan kaki.

“Mental dan kondisi kesehatan pengendara juga harus siap, sehat, dan stabil supaya fokus saat berkendara,” jelasnya.

Kedua, menjaga jarak saat berkendara. Hal ini juga termasuk ke dalam salah satu faktor penting yang harus diperhaikan setiap pengendara, apalagi saat ingin mendahului atau menyalip kendaraan lain, diharap dapat mendahului dengan tertib dan aman. Saat konvoi pun juga dianjurkan agar laju kendaraan diperlambat.

Ketiga, perlengkapan berkendara yang tepat. Bagi pengendara motor, helm adalah peralatan yang sangat wajib untuk dikenakan bagi pengendara maupun penumpangnya. Selain itu, jangan lupa untuk perhatikan kondisi kendaraan secara berkala.

Pemeriksaan dan perawatan kendaraan sangat diperlukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi kendaraan, apakah layak jalan atau malah butuh penggantian komponen agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat digunakan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*