Ini Persiapan Wajib Sebelum Berkendara di Malam Hari

0
113
Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Berkendara malam hari tidak jauh berbeda dengan siang hari. Tetapi persiapan berkendara malam hari ada beberapa poin menyangkut keamanan dan keselamatan selama berkendara.

Berkendara di malam hari memerlukan persiapan ekstra dibandingkan berkendara di siang hari. Sebab, selain karena jalanan yang mungkin minim penerangan, berkendara di malam hari juga sangat rawan terjadi tindak kejahatan. Tak sedikit para pelaku begal atau perampokan motor melancarkan aksinya saat hari sudah malam.

Untuk itu, mari simak hal apa saja yag harus dipersiapakan sebelum berkendara di malam hari dari Wahana Honda.

Periksa kondisi lampu sepeda motor

Sebelum melakukan aktifitas berkendara motor di malam hari, pastikan Anda sudah mengecek seluruh kondisi komponen kendaraan. Salah satunya yang wajib dilakukan pengecekan adalah kondisi lampu motor.

Bagaimana pun, lampu motor menjadi salah satu sumber pencahayaan Anda selama berkendara. Terlebih jika akan melewati jalan yang gelap dan minim penerangan. Jika lampu motor Anda tidak dalam kondisi prima, hal ini tentu bisa membahayakan keselamatan.

Bawa alat pelindung diri di saku jaket

Berkendara di malam hari rawan akan tindak kejahatan, karenanya perangkat seperti semprotan merica atau cabe dan alat setrum kejut bisa dijadikan opsi untuk self-defense. Bentuknya yang kecil dan mudah dibawa, membuat Anda bisa menaruhnya dalam saku jaket atau celana yang mudah dijangkau.

Gunakan jaket tebal dan riding gear pendukungnya

Selain harus mengenakan helm yang menjadi kewajiban bagi para pengendara motor. Baiknya juga mengenakan jaket tebal dan sarung tangan untuk mengantisipasi dinginnya udara malam. Karena seperti yang kita tahu, cuaca di malam hari biasanya jauh lebih dingin jika dibandingkan saat siang. Selain itu, gunakan juga riding gear seperti sepatu, dan protektor jika diperlukan.

Pastikan bensin dan mesin dalam kondisi aman

Kondisi mesin wajib aman sebelum melakukan perjalanan, selain itu juga kondisi bensin, jangan sampai kehabisan BBM di tengah perjalanan. Sebab kedua hal tersebut merupakan faktor utama kinerja kendaraan Anda. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*