Jadi Komponen yang Krusial, Begini Cara Rawat Suspensi Motor Biar Awet

0
34
Suspensi Motor
Tidak harus ke bengkel, pengecekan kondisi suspensi bisa dilakukan sendiri di rumah. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Menjadi salah satu komponen terpenting, Wahana Honda pun membagikan tips rawat suspensi atau shockabsorber agar awet dan siap menunjang berkendara dengan baik. 

Suspensi, shock absorber, atau shock breaker berfungsi untuk meredam getaran atau kejutan saat berkendara. Suspensi akan bekerja penuh saat sepeda motor melewati jalan berlubang atau polisi tidur yang cukup tinggi. Tanpa suspensi, tentunya berkendara jadi terasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kondisi part/komponen motor agar tetap awet, prima, dan bekerja optimal. Demi menjaga kenyamanan dan kesehatan pengendaranya, Wahana Honda pun membagikan tips rawat suspensi yang bisa diterapkan sendiri.

  • Selalu jaga kebersihan suspensi

Terletak di area terbuka, suspensi menjadi rawan kotor, terlebih saat musim hujan. Suspensi harus senantiasa dijaga kebersihannya agar tetap berfungsi dengan baik. Jika kotor, bersihkan suspensi dengan lap dan air bersih untuk menghindari penumpukan kotoran, yang bisa membuat suspensi keras dan tidak nyaman.

  • Perhatikan oli pada suspensi

Suspensi bekerja dengan bantuan pelicin dari oli atau pelumas. Tanpa oli, bantingan komponen terasa keras dan tidak nyaman, sehingga bisa memicu sakit atau nyeri punggung saat berkendara.

Suspensi yang tidak dilumasi juga lebih mudah patah, terlebih saat melewati jalan berbatu, rusak, maupun berlubang.

  • Hindari bawa barang bawaan berlebih

Hindari bawa barang berlebihan saat melakukan perjalanan jarak jauh, karena suspensi memiliki batas kemampuan dalam menampung berat barang bawaan. Jika melebihi kapasitas, risiko suspensi rusak dan patah pun akan jauh lebih basar.

  • Hindari melewati jalan rusak dan berlubang

Medan yang tidak rata juga menjadi salah satu faktor penyebab suspensi cepat rusak. Jika memungkinkan, cari jalan yang mulus dan tidak banyak lubang, tapi jika terpaksa, berkendara lah dengan hati-hati dan turunkan laju kecepatan motor. Hal itu bisa mengurangi risiko kerusakan suspensi.

Itu tadi beberapa cara merawat suspensi agar lebih awet yang bisa membuat pengalaman berkendara jadi jauh lebih nyaman. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*