Assist dan Slipper Clutch CBR250RR SP Quickshifter, Upshifting Downshifting Nyaman

0
Assist dan Slipper Clutch
Honda CBR250RR SP Quickshifter dilengkapi Assist dan Slipper Clutch. Foto: Honda

NaikMotor – Honda CBR250RR SP Quickshifter yang diluncurkan (24/7/2020) lalu membawa banyak fitur kemudahan berkendara. Seperti Assist dan Slipper Clutch CBR250RR SP Quickshifter yang membuat perpindahan gir mudah.

Seperti dibeberkan oleh Wahyu Budhi, technical service function PT Wahana Makmur Sejati (WMS) main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang. Cara kerja Assist dan Slipper Clutch CBR250RR SP Quickshifter dikupas dalam acara Workshop Honda CBR250RR SP Quickshifter secara online, (9/11/2020).

Assist dan Slipper Clutch
Perbedaan kopling CBR250RR baru dan lama

Selain perubahan performa, CBR250RR SP Quickshifter juga mengalami banyak ubahan termasuk desain. Tetapi fitur penting dalam kemudahan berkendara adalah Assist dan Slipper Clutch.

Assist dan Slipper Clutch

“Pada kopling CBR250RR SP Quickshifter dengan assist terdapat komponen tambahan yang disebut cam assist,” buka Wahyu. “Pada saat mesin berputar cam assist karena daya putar tadi berfungsi seperti penarik clutch hub dan bersama operating plate menekan plat kopling. Sehingga mengurangi tekanan per kopling, yang dirasakan oleh pengendara ketika menarik tuas kopling menjadi ringan.”

Assist dan Slipper Clutch

Honda CBR250RR SP Quickshifter juga dilengkapi Slipper Clutch. Perangkat berfungsi untuk mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim. Berbeda pada motor tanpa slipper clutch, ban seolah direm mendadak, dan kehilangan traksi. Jika sambil menikung, kemungkinan motor tergelincir sangat besar.

Dengan Slipper Clutch ketika terjadi penurunan gir secara ekstrem, roda belakang berputar lebih cepat daripada putaran crankshaft. Tetapi cam akan terangkat sehingga mengurangi tekanan pada pressure plate, seperti jika melakukan setengah kopling. Hasilnya, memungkinkan putaran roda belakang tidak memaksa putaran crankshaft sama, atau ban belakang tidak mengunci saat downshifting.

Assist dan Slipper Clutch

Tentu penambahan fitur akan mengingkatkan kualitas berkendara. Seperti berkendara ala Pengendara yang bersinergi dengan performa motornya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here