Ini Penyebab Rantai Sepeda Motor Cepat Kendur

0
69
Rantai dan gear motor

NaikMotor – Untuk sepeda motor jenis underbone dan sportbike, rantai mempunyai peranan penyalur tenaga mesin ke roda. Tetapi banyak penyebab rantai kendur, sehingga tidak optimal mendistribusikan daya.

Umumnya rantai motor kendur dan harus disetel ulang setiap penggunaan sekitar 1.000 km, jika kurang dari itu tentu ada sesuatu yang salah. Baik dari cara penggunaan motor maupun perawatan. Kondisi rantai kendur ini dapat mengurangi kenyamanan dalam berkendara dan berisiko karena berpotensi membuat rantai terlepas. Apa saja penyebabnya?

Kurangnya pelumasan

Pelumas pada rantai motor berfungsi untuk meminimalisasi gesekan pada gear. Jadi ketika rantai dalam kondisi terlumasi, gaya tarik yang dihasilkan lebih kecil karena lebih licin. Selain itu, disarankan untuk rutin membersihkan rantai dari kotoran yang menempel. Sehingga tidak menimbulkan karat dan gerakan rantai tidak kesat.

Beban Berlebih

Salah satu penyebab rantai motor cepat kendur adalah seringnya motor digunakan untuk mengangkut beban berat melebihi kapasitas. Bahkan, sering berboncengan yang secara logika rantai dipacu bekerja lebih keras ketimbang motor ditumpangi sendiri.

Gaya berkendara agresif dan stop and go

Gaya berkendara yang sering berakselerasi spontan dan melewati jalan macet yang stop and go berpotensi membuat rantai cepat kendur. Pasalnya putaran mesin yang besar membuat gaya tarik rantai ke gear roda menjadi besar juga, sehingga efeknya rantai pun cepat kendur.

Pengaruh kondisi jalan

Jika sering melewati jalan yang menanjak atau tidak rata dan bergelombang, tanpa disadari dapat menyebabkan lebih cepat kendurnya rantai motor. Karena ketika melalui permukaan jalan rusak atau menanjak, gaya tarik yang diberikan mesin maupun swing arm ke rantai cukup besar sehingga rantai pun menjadi cepat kendur.

“Penyebab rantai cepat kendur itu umumnya dikarenakan seringnya motor membawa beban berlebihan dan faktor kebiasaan berkendara. Namun untuk kota-kota besar seperti Jakarta yang jalanannya macet, mau tidak mau pengendara akan stop an go gayanya. Untuk antisipasinya setiap servis berkala bagian rantai minta dicek oleh mekanik. Oh ya, jangan lupa mengolesi pelumas untuk rantai agar tidak cepat karat,” ungkap Iman, mekanik bengkel Nirwana di kawasan Cirendeu. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*