Utamakan Kesehatan Semua, Begini SOP Yello Hotel Manggarai dalam Layanan

0
SOP Yello Hotel Manggarai dalam Layanan Tamu Sesuai WHO
Room fogging sebagai bagian SOP Yello Hotel Manggarai. Foto: istimewa

NaikMotor – Masih dalam masa pandemi, Hotel milik Grup Wahana Honda menerapkan protokol kesehatan dalam melayani tamu. Begini SOP Yello Hotel Manggarai yang sesuai aturan WHO.

Sehubungan dengan peraturan yang dikemukakan oleh WHO dan Pemerintah Republik Indonesia mengenai tatanan kehidupan baru terhadap keadaan pandemi seperti ini. Sesuai SOP YELLO Hotel Manggarai Jakarta terapkan pelayanan yang optimal dengan standar kebersihan dan kehigienisan yang ketat, untuk manjakan konsumen baik untuk yang menginap, menyantap makanan di restoran juga menyelenggarakan pertemuan.

​Seluruh karyawan hotel yang bertugas dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti face shield, masker dan sarung tangan, disesuaikan juga dengan tugas pekerjaan masing-masing. Meja kasir dan resepsionis juga sudah menggunakan partisi akrilik dan batas kapasitasnya sebesar 50%, karena dalam satu meja hanya diizinkan untuk 2 orang saja.

​“Kami benar–benar memperhatikan kenyamanan dan keamanan tamu. Saat di lobi misalnya saja sudah ada tempat cuci tangan, kemudian juga ditambah stiker jaga jarak antrean dan di meja resepsionis diberikan partisi akrilik untuk membantasi kontak fisik antara karyawan dengan tamu dan kami juga sediakan hand sanitizer,” ucap Bapak Taufik, Hotel Manager YELLO Manggarai Jakarta.

​Penggantian sprei dan duvet tempat tidur, sarung bantal juga dilakukan langsung setelah tamu yang sebelumnya check-out, sesuai dengan standar new normal pariwisata. Selain itu, penyemprotan cairan desinfektan dilakukan beberapa jam sebelum tamu check-in.

Kebiasaan baru untuk para tamu juga diterapkan, pelayanan makan dan minum kini menggunakan scan barcode dan penggunaan food cover saat makanan disajikan. Sedangkan untuk layanan antar ke kamar, tamu dipersilahkan untuk mengambil langsung makanan dari trolley antar yang sudah disiapkan di depan pintu kamar.

​Selain itu, ada pengaturan terhadap tamu yang menyelenggarakan acara pertemuan, diterap kan jarak antar meja dan kursi panjang 1,5 meter. Kapasitas ruangan maksimal 50% dari normalnya dan makanan prasmanan yang dilayani langsung.

​“Penerapan SOP ini sangatlah penting, bukti bahwa kami serius melindungi tamu dan karyawan yang bekerja di YELLO Manggarai Jakarta. Sebagian besar pengorderan juga sudah melalui QR sistem. Kebiasaan baru ini sudah kami terapkan, sehingga kontak fisik antara tamu dengan karyawan bisa terhindarkan. Kami juga rutin untuk mendesinfektan area hotel secara berkala,” sambung Pria yang akrab disapa Taufik. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY