Husqvarna Vitpilen 401 akan Diproduksi Bajaj

0
Husqvarna-Vitpilen-125
Produksi Husqvarna 401 Vitpilen akan dilakukan di pabrik Bajaj di Chakan Pune India. Foto: Husqvarna

Chakan Pune (naikmotor) – KTM Sportmotorcycles yang kini memiliki Husqvarna sebagai berencana akan menjadikan India sebagai pusat produksi global untuk model road bike mendatang. Produksinya akan dilakukan di pabrik Bajaj di Chakan Pune.

KTM saat ini tengah mengembangkan sepeda notor untuk pasar global dengan partner Indianya, Bajaj Auto. Stefan Pierer, CEO KTM mengatakan kepada Economic Time, “Fokus pada masa dahulu kepada motor off-road. Sekarang pada model on-road dengan sebagian berbasis pada platform mesin yang dikerjakan bersama Bajaj.”

Model pertama akan diluncurkan pada 2017 di Eropa, kemudian ke Amerika Serikat, tentunya termasuk India yang tengah berkembang pasar roda duanya.

Mesin dan beberapa komponen model akan diproduksi di India, kemudian di ekspor ke pabrik KTM di Austria, tempat perakitan seri Vitpilen. Barulah setelah beberapa model diluncurkan di India dan jika mendapat sambutan yang baik dari konsumennya, bisa jadi model-model tersebut akan diproduksi sepenuhnya di India.

Mesin-mesin Husqvarna mulai dari 125cc hingga 390cc,kini tengah diproduksi oleh Bajaj untuk varian KTM Duke. Beberapa komponen lainnya diproduksi untuk diekspor ke Austria saat ini untuk memenuhi kebutuhan komponen model-model KTM yang ada.

Pada wawancara sebelumnya, Pierer dan Managing Director Husqvarna, Reinhold Zens, menyatakan produksi Husqvarna 401 Vitpilen dan Svartpilen akan dilakukan secara CKD di Chakan dan dikirim ke Mattighofen, Austria untuk dirakit, kemudian diluncurkan hingga ke Inggris pada 2017. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY