Tantang Kreativitas Pelajar, AHM Gelar Kontes Video Pembelajaran Kreatif

0
Kompetisi Video Belajar AHM
Salah satu pelajar peserta Vocational Video Challenge 2020 sedang membuat video pembelajaran. Foto: Istimewa

NaikMotor – AHM mengajak pelajar dari ratusan SMK mitra binaan untuk mengasah kreativitas mereka dengan mengikuti kompetisi video belajar. Kontes kreatf kali ini bertajuk “Vocational Video Challenge 2020”. 

Meski pandemi mempengaruhi proses pembelajaran, PT Astra Honda Motor (AHM) tidak berhenti memberi dukungan kepada dunia vokasi. AHM menggelar kompetisi Vocational Video Challenge 2020 dengan tujuan untuk mengajak seluruh pelajar dari 682 SMK mitra binaan untuk berkreasi lewat konten video menarik. Videonya sendiri berisi tentang materi ajar dari kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. 

“Dalam pembelajaran jarak jauh banyak sekali media pembelajaran yang memanfaatkan video untuk mempelajari materi. Kami terinspirasi untuk menantang kreativitas siswa SMK untuk dapat mengemas materi belajar dengan cara yang menarik dan menyenangkan tanpa menghilangkan unsur edukatif. Kami yakin dengan kompetisi ini akan muncul banyak ide-ide kreatif dari pelajar SMK untuk tetap produktif di kala pandemi,” ujar Ahmad Muhibbuddin selaku GM Corporate Communication AHM. 

Dengan durasi ±15 menit dan 3 tema materi, yaitu penyetelan jarak renggang valve in/out untuk motor Honda jenis skutik, penggantian brake shoe untuk Honda Revo 110, serta teknologi PGM-FI (reset ECM, TP, dan setting altitude), totalnya terkumpul 1.203 video yang diproduksi dan didaftarkan oleh para peserta ke dalam seleksi regional pada 1-20 Oktober 2020 kemarin. 

Proses seleksi regional karya peserta Vocational Video Challenge 2020 untuk menentukan pemenang yang akan maju ke tingkat nasional.

Seleksi kompetisi video belajar AHM dimulai dari masing-masing wilayah di Indonesia yang berkerja sama dengan seluruh jaringan main dealer Honda, dan lanjut ke tahap berikutnya. Saat ini, sudah terpilih 81 video pemenang regional yang diunggah ke YouTube dengan tagar #VocationalVideoChallenge sebagai syarat peserta agar bisa mengikuti seleksi nasional. 

Penilaian tidak hanya berdasar dari konten kreativitas siswanya saja, tapi peserta juga ditantang untuk menghadirkan alur dan konten menarik, kualitas video yang baik dari berbagai aspek, seperti konten, pengambilan gambar, pemilihan kata dan bahasa yang sesuai, penggunaan ejaan, dan memiliki unsur originalitas konten yang baik. 

Dalam tahap seleksi nasional, video pemenang seleksi regional akan dicari lagi 3 video terbaiknya dari masing-masing tema dan akan diumumkan pada 25 November 2020. Nantinya, juara pertama berhak mendapat hadiah sebesar Rp 3.000.000,-, lalu juara kedua sebesar Rp 2.000.000,- , dan juara ketiga sebesar Rp 1.000.000,-. Sementara itu, juara favorit yang ditentukan berdasar jumlah like terbanyak yang telah diunggah ke akun YouTube akan mendapat hadiah sebesar Rp 2.000.000,-. Video belajar para pemenang juga akan diunggah ke akun resmi YouTube Sahabat1Hati agar bisa terus digunakan dan bermanfaat bagi pelajar SMK lainnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY