Penasaran Performa Suzuki GSX250R? Ini Kata Entertainer Jepang

0
Suzuki GSX250R
Suzuki GSX250R dites di sirkuit oleh Mitsunori Fukuda, seorang entertainer di dunia sepeda motor. Foto: Auto By

NaikMotor – Suzuki GSX250R diuji (test ride) di sirkuit langsung oleh Mitsunori Fukuda, seorang entertainer ternama di dunia roda dua. Seperti apa kesan pasca test ride? 

Mitsunori Fukuda ditunjuk untuk menguji Suzuki GSX250R di sirkuit dan membandingkannya dengan motor pabrikan lain yang berada di kelasnya. Dilansir dari Auto By, Suzuki sendiri sebelumnya sudah mengklaim bahwa mereka tidak menyebut motor ini sebagai supersport dan tidak mengejar performa sirkuit.

Fukuda mengungkapkan jika dibandingkan dengan Honda, GSX tidak begitu “enak”, namun ia menyarankan bagi para pemula untuk memilih model ini karena sudah cukup bagus.

“Rasanya tidak enak dibandingkan dengan CBR atau R25, tapi GSX ini bagus. Pertama-tama, torsi hingga sekitar 3.000 rpm tepat di atas idle adalah nomor satu. Ini adalah kisaran rpm yang langsung dilewati oleh motor lain. Namun, sejak itu hanya setelah permulaan, kisaran rotasi yang paling sering saya gunakan. Ini disarankan untuk pemula,” tuturnya.

GSX250R juga dinilai datar rentang putarannya (rev range), dan tidak terasa ada ketajaman dan tenaga saat mencapai puncak.

“Makanya performanya terasa habis. Saat pindah setiap persneling, langsung mengenai pembatas putaran dan handlingnya lembut. Untuk pengendara pengendara joyride, GSX adalah cara terbaik untuk memanfaatkan potensi tersebut.”

Dengan suspensi yang empuk dan mesin yang bereaksi dengan lembut, motor ini juga dilengkapi dengan jok tebal, sehingga kenyamanannya tidak perlu dipertanyakan.

Suzuki GSX250R

“Soalnya Suzuki tidak dibuat untuk supersport. Karena spesifikasi mesin, suspensi dan ketebalan joknya cocok untuk touring. Kalau tentukan yang nomor satu adu tenaga, CBR, R25 atau Ninja, saya bingung.”

Tetapi, di akhir, Fukuda menegaskan jika ditanya soal kenyamanan, maka Suzuki GSX yang akan menang di kelasnya.

“Dalam test ride ini, saya pikir karakter GSX bukan sportbike sejati. CBR adalah nomor satu di sirkuit, Ninja nomor satu di kota, R25 nomor satu dalam olahraga lintasan, dan GSX untuk melakukan tur, dan semakin jauh jaraknya, semakin banyak pula 3 model lainnya yang akan kalah,” tutupnya. (Litha/Prob/NM) 

Spesifikasi Suzuki GSX250R: 

Overall length x width x height 2085 x 740 x 1110 mm
Wheelbase 1430mm
Minimum ground clearance 160mm
Seat height 790mm
Vehicle weight 178kg
Engine type Water-cooled 4-stroke SOHC 4-valve parallel 2-cylinder
Total displacement 248cc
Bore x stroke 53.5 x 55.2 mm
Compression ratio 11.5
Maximum output 18kW (24PS) / 8000rpm
Maximum torque 22N ・ m (2.2kgf ・ m) / 6500rpm
Fuel tank capacity 15L
Transmission type 6-speed return
Caster angle 25 ° 35′
Trail amount 104mm
Tire size (front / rear) 110 / 80-17M / C 57H / 140 / 70-17M / C 66H
Brake type (front / rear) Single disc / single disc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here