Nobuatsu Aoki: Transmisi Seamless Suzuki Bantu saat Deselerasi

0
Aoki-Seamless-Suzuki
Nobuatsu Aoki yang menjadi test rider Suzuki MotoGP mengtakan kalau Suzuki GSX-RR dengan transmisi seamless lebih mudah dikendarai seperti bermain Playstation. Foto: Suzuki Racing

Jepang (naikmotor) – Kabar pengetesan privat yang dilakukan Suzuki Racing di Sepang, Malaysia akhir November lalu, memang tidak terekspos banyak media. Lantaran sesi tes tersebut memang dilakukan secara tertutup. Namun Nobuatsu Aoki yang merupakan salah satu test rider Suzuki yang juga ikut mengembangkan transmisi seamless-nya, buka-bukaan tentang performa komponen baru manufaktur asal Hamamatsu, Jepang itu.

Menurut Aoki, menggunakan sistem transmisi ini, rasanya semakin memudahkan pembalap untuk mengendalikan motornya. Baik saat berakselerasi maupun saat deselerasi. Artinya pembalap tinggal berkonsentrasi menjaga performa sepanjang balapan berlangsung saat kondisi balapan nantinya.

“Perubahan yang ada dengan versi yang tidak menggunakan transimi seamless sangat besar. Jika saat menggunakan transmisi biasa ada tenaga yang terpotong, namun saat menggunakan transmisi baru ini, semuanya mulus. Tidak ada tenaga yang terpotong dan rasanya seperti keunggulan dua meter di depan dibanding tanpa seamless. Motor juga jadi lebih gampang dikendarai, seperti saat bermain PlayStation,” klaim Aoki.

Kelemahan Suzuki saat menjalani MotoGP 2015 sendiri, sudah berulangkali diungkapkan pembalap utamanya, yaitu Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Mereka menganggap bahwa tunggangannya sudah cukup kompetitif, namun ketika berada di zona akselerasi, mereka selalu kedodoran, begitu juga di zona deselerasi.

“Untuk dikatakan lebih kompetitif di single lap seperti sesi kualifikasi, memang tidak terlalu banyak perbedaan. Namun saat digunakan pada kondisi ban yang sudah aus, apalagi di zona deselerasi, baru akan terasa perbedaannya. Menggunakan seamless downshift membuat ban belakang tidak banyak sliding dan motor jadi lebih stabil,” papar Aoki.

Aoki sendiri, hingga sekarang terus intens melakukan pengetesan pada komponen yang masih terus diriset oleh manufaktur berlogo S tersebut. Bahkan Aoki sudah berani menjamin, bahwa kedua pembalap utama Suzuki bakal sangat menyukai perbedaan performanya nanit. Kita tunggu saja! (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here