Ada Sistem Notifikasi Radio Baru, ini Pendapat Para Pembalap MotoGP

0
25
Sistem Peringatan Baru MotoGP
Maverick Vinales saat tes MotoGP Misano. Foto: MotoGP

NaikMotor – Sistem peringatan radio baru yang akan diterapkan di MotoGP telah diuji di Misano hari Selasa (15/09/2020) kemarin. Pembalap yang menguji sistem notifikasi terbaru tersebut pun mengutarakan pemikirannya. 

Setelah sebelumnya Stefan Bradl (test rider Repsol Honda) ditunjuk langsung oleh Dorna untuk menguji sistem pada hari Jumat (11/09/2020), para pembalap lainnya pun ikut menguji sistem baru yang berfungsi sebagai sarana untuk mengkomunikasikan pesan peringatan di hari Selasa (15/09/2020).

Karena permasalahan visibilitas trek dan delay-nya pesan yang disampaikan saat red flag di Austria kemarin, maka akan dihadirkan sistem radio baru dengan pesan yang sudah direkam lewat headset in-ear. Sistem notifikasi radio recorded itu diuji di awal tes Misano.

Dilansir dari Motorsport, Carlos Ezpelata selaku Direktur Olahraga Dorna mengatakan: “Itu benar-benar hanya tes pendahuluan pertama, katakanlah, pada dasarnya untuk menguji dua hal. Satu, untuk mengetahui apakah pengendara bisa mendengar pesan dari earphone. Dan kedua, untuk melihat apakah mereka terganggu oleh pesan yang bisa tiba di tengah-tengah atau di saat (pembalap sedang) lebih membutuhkan konsentrasi.”

Ia pun melanjutkan bahwa hasil tesnya sangat bagus di kedua aspek tersebut dan mereka sangat senang karenanya.

Sementara itu, Andrea Dovizioso mengungkapkan, “Kami mencoba dan itu bagus karena suaranya jelas dan saya dapat mendengar apa yang mereka katakan.”

Dovi juga menjelaskan kekurangan yang harus diperbaiki, yaitu dengan mengganti inner-ear-nya karena membuat suara angin sangat tinggi, sehingga ia tidak bisa mendengar mesin dan terasa seperti ia tidak menggunakan peredam suara di telinganya.

Serupa dengan kritik Dovi, Pol Espargaro juga mengungkapkan sistemnya menimbulkan kebisingan terlalu tinggi karena tidak memiliki peredam, serta berharap bisa segera ditingkatkan.

“Saya bisa mendengar pesan masuk ke telinga saya dan saya bisa mengerti apa yang mereka katakan kepada saya, dan itu bagus. Tapi masalahnya adalah peredam bising. Jadi, penyumbat telinga yang kami gunakan (biasanya) menghilangkan kebisingan, tapi itu terlalu berisik serta tidak mungkin untuk digunakan.”

Mendengar keluhan para pembalap, Ezpelata pun mengakuinya dan berkata akan memperbaiki sistem peringatan MotoGP baru tersebut dan menyesuaikan dengan kebutuhan nantinya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*