Vespa Darling, Si Mungil Yang Jadi Buruan Kolektor

0
80
vespa darling
Vespa Special 90/ Darling. Foto: istimewa

NaikMotor – Vespa Special 90 atau lebih familiar dengan sebutan Vespa Darling saat ini menjadi buruan kolektor dan pecinta Vespa. Selain desainnya yang unik, populasinya juga tidak seramai saudara-saudaranya yang mengusung “big frame.”

Vespa memang telah hadir dalam berbagai model atau varian. Tiap varian tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Dan, salah satu skuter buatan Piaggio yang memiliki keunikan adalah Vespa Special 90 atau lebih dikenal dengan Vespa Darling.

Dalam keluarga small frame, Vespa Special 90 memang jarang terlihat jika dibandingkan saudaranya yang lebih populer, Vespa PTS 90. Bahkan, banyak kalangan yang menyamakan Vespa ini dengan Vespa PTS 90. Padahal jika dilihat secara detail, Vespa Special 90 memiliki beberapa perbedaan desain dengan PTS 90.

Perbedaan yang signifikan pada lampu depan yang mengusung desain bulat, speedometer yang lebih kecil, jok yang juga berdimensi lebih kecil, pegangan ban serep, hingga posisi karburator di dalam mesin.

Vespa Darling merupakan salah satu varian Vespa small frame yang dibuat Piaggio pada era 1960-an untuk memenuhi permintaan pasar pada waktu itu. Sesuai namanya, Vespa small frame mengusung desain bodi yang lebih ramping serta mesin berkapasitas rendah untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

Untuk sektor jantung pacu, Vespa Special 90 mengusung mesin tipe 2-stroke, silinder tunggal, rotary valve induction, dan berkapasitas 88,5cc. Dengan bekal tersebut, skuter ini diklaim mampu meraih kecepatan maksimal menyentuh angka 70 km/jam.

vespa darling

Di Indonesia, Vespa Darling kurang begitu diminati pada eranya, selain bentuknya yang kecil, suku cadangnya juga tidak semudah didapatkan seperti Vespa jenis lainnya, Super dan Sprint. Namun, saat ini malah menjadi buruan para kolektor dan pecinta Vespa karena populasinya yang jarang.

“Darling barangnya susah dicari, misalnya ada juga pemiliknya enggan menjualnya. Dan jika dijual harganya tinggi, yang masih bahan aja bisa sampai Rp 20 jutaan, apalagi yang sudah direstorasi ulang, bisa sampai Rp 50 juta ke atas,” terang Isa, salah satu makelar Vespa.

Saat ini Vespa Special 90 dibanderol harga hingga Rp 50 juta, bahkan ada yang sampai di atas Rp 100 juta seperti yang kami lihat di situs jual beli sepeda motor dan beberapa informasi dari kolektor Vespa. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*