Simon Cowell Kecelakaan, Begini Cara Aman Berkendara Pakai Sepeda Listrik

0
cara berkendara sepeda listrik
Simon Cowell cedera saat mengendarai e-bike, simak tips berkendara naik sepeda listrik dengan aman dari Melotronic. Foto: IG @simoncowell , Youtube

NaikMotor – Sedang menjadi hits, ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar sama-sama aman dalam berkendara sepeda listrik (e-bike). Saat ini e-bike sendiri banyak dicari dan digunakan baik untuk kebutuhan berkendara sehari-hari maupun olahraga. 

Simon Cowell dikabarkan terluka parah setelah terjatuh dari sepeda listrik. Rupanya, e-bike yang ia tunggangi adalah kendaraan off-road berspek dewa yang kecepatan maksimumnya 96 km/jam. Sementara, e-bike biasanya umumnya memiliki pedal dan dilengkapi dengan motor kecil, jadi kecepatannya hanya sebatas 24-32 km/jam.

https://www.instagram.com/p/CDsKbOrDgbq/

Pihak pabrikan mengatakan sepeda Cowell sebenarnya tidak boleh digunakan di jalan umum, tapi hanya boleh ditunggangi di atas lahan privat. Lain halnya dengan sepeda listrik berpedal alias Pedelec. Pedelec tidak memerlukan perlengkapan kompleks seperti jaket motor.

Menengok kecelakaan Cowell, Melotronic pun membagikan tips agar aman saat berkendara menggunakan sepeda listrik. Tjok dari Melotronic mengungkapkan, “Siapa pun yang mengendarai e-bike dapat mengambil langkah-langkah sederhana untuk memaksimalkan keselamatan mereka.”

Nah, ini dia beberapa cara melindungi diri dan sepeda listrik saat berkendara dari Melotronic:

  • Sepeda listrik

Pertama, untuk e-bike, sangat dianjurkan untuk membaca manualnya, diperiksa sebelum dipakai pergi, dan diperiksa tekanan bannnya. Dianjurkan pula untuk membeli pompa karena mengingat bobot e-bike yang jadi sangat penting dibandingkan sepeda kayuh biasa.

Biasanya, tekanan yang direkomendasikan tertera di dinding ban. Jaga agar sepeda tetap bersih dan terlumasi dengan baik, terutama rantainya. Rantainya harus diberi sedikit minyak secara terartur, setidaknya setiap beberapa kali bersepeda.

Jaga juga kabel rem agar tetap kencang. Jika mengangkat baterai (kalau yang bisa diangkat), pastikan kontak dalam keadaan bersih dan kering, serta pastikan baterai selalu terisi dengan baik.

Kalau sepedanya masih baru, mulai dengan pengaturan tenaga rendah jika tersedia saat dicoba. Ini bertujuan untuk membiasakan diri terhadap performa dan penyaliran tenaganya. Selain itu, berhati-hatilah saat melewati medan basah, karena tenaga e-bike bisa membuat selip jika pengendara belum terbiasa dengan karakter sepeda.

  • Pengendara

Untuk pengendara, selalu gunakan pelindung kepala, siku, dan lutut. Kenakan baju Hi-viz jika ada, atau pakaian yang sewajarnya.

  • Berkendara

Saat berkendara, perhatikan kondisi jalan dengan saksama. Saat penggerak listrik aktif, maka pengendara bisa melesat dengan mudah. Hal tersebut sangat berguna saat menanjak, namun bisa membahayakan jika tidak hati-hati.

Saat pertama kali menunggangi e-bike, lakukan di jalan yang sepi sampai terbiasa. Patuhi semua aturan jalan agar aman dan nyaman saat bersepeda, serta menghindari konflik dengan pengguna jalan lain. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here