Ini Bang Betawi, Kepercayaan Artis dan Pengusaha soal Handle Harley 

0
183
Bang Betawi
Abdurahman Nasir antara hobi dan pekerjaan merawat motor klasik dan tua. Foto: Dok. Pribadi

NaikMotor – Kali ini, NaikMotor berkesempatan untuk ngobrol bersama Bang Betawi yang merupakan salah seorang kepercayaan baik artis maupun pengusaha dalam merawat kondisi motor gede, khususnya Harley-Davidson

Rahman alias Betawi adalah seorang penyuka motor gede yang dijagokan dalam urusan merawat motor-motor klasik, tua, dan inggrisan. Sebelum ia menjadi orang terpercaya dalam bidang menjaga performa moge, khususnya Harley-Davidson, ia bekerja di sebuah bengkel khusus motor tua yang melayani Inggris klasik di daerah Tanjung Priuk.

“Awalnya saya ngebengkel sama temen di daerah Priuk. Bengkel khusus motor tua awalnya, motor klasik, Inggrisan, Inggris klasik. Sampai akhirnya ada kustomer yang punya motor banyak, motornya dibawa ke bengkel kita, sekali dateng 5,” ujar Bang Betawi.

“Terus kebetulan dia kan buka forum Harley tuh, temen ditarik ke Anak Elang, saya di rumahnya ngurusin motor-motornya. Akhirnya bengkelnya ditutup, fokus ngurus Harley begini,” ungkapnya.

Bang Betawi
Rahman menjaga kondisi motor klasik pelangganya agar selalu dalam kondisi prima. Foto: Dok. Pribadi

Selain menceritakan bengkel tempatnya bekerja, Hard Classic Chopper, padahal sudah beroperasi sekitar 10-15 tahun itu tutup. Ia juga mengungkapkan bahwa pekerjaannya yang sekarang ini kegiatannya antara lain adalah memanaskan motor, servis ringan yang sekiranya memakan waktu sekitar 2-3 jam saja, dan ganti oli. Pria bernama lengkap Abdurahman Nasir ini mengatakan bosnya saat ini yang sudah 6 tahun bekerja sama dengannya memiliki sekitar 16 unit sepeda motor.

Sebelum berkecimpung di dunia servis motor klasik, Betawi rupanya juga bekerja kantoran, tepatnya di bidang kontraktor. Namun, akhirnya ia memilih untuk mengikuti hobinya dan fokus mengurus sepeda motor saja.

Dengan jadwal pasti 3 kali seminggu, yaitu Rabu pukul 4 sore sampai 10-11 malam, dan sisanya fleksibel, biasanya Senin dan Jumat, Betawi juga menerima panggilan apabila ada motor yang butuh ganti oli, servis, dan semacamnya. Bukan hanya bisa didatangi ke rumah, Ia juga siap mendatangi rumah pelanggannya dengan waktu yang telah disepakati bersama.

“Ada juga panggilan tapi ke rumah, ada juga yang dipegang, biasanya sekadar kalo rusak atau mogok, kita samperin.”

“Kalo di rumah, kerjaan saya cuma manasin. Terus ya pokoknya diusahain motor semua kondisinya fit semua gitu. Terus, kalau si bos touring, saya ikut. Stand by kunci-kunci lah,” lanjutnya.

Bang Betawi
Dari mulai manasin motor hingga ikut touring adalah bagian dari hobi dan pekerjaannya. Foto: Dok. Pribadi

Bukan sekadar orang biasa, artis-artis seperti Juna Rorimpandey (Chef) dan keluarga dari Indro Warkop juga kabarnya mempercayakan motor mereka ke tangan Betawi, lho.

Untuk budget, Betawi tidak ragu untuk menyertakan nominalnya. Ia mematok harga sekitar Rp 400 ribu untuk jasa ganti oli dan tune up, sementara olinya satu paket ia sebut sekitar Rp 1,2 juta.

Ia juga melayani penggantian part fast moving, seperti kampas rem atau cek kelistrikan dengan biaya sekitar Rp 500 ribuan. Betawi mengungkapkan Ia suka merasa tidak enak untuk mematok harga dengan temannya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*