Baterai Motor Listrik Konsorsium Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki Diuji Coba

0
41
Baterai Konsorsium Honda
Baterai sepeda motor listrik konsorsium Big Four mulai diuji coba di Osaka. Foto: honda

NaikMotor – Baterai sepeda motor listrik hasil konsorsium Big Four mulai diuji coba September 2020. Baterai konsorsium Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki telah dikembangkan sejak 2019.

Baterai motor listrik Big Four hasil konsorsium setahun lalu itu untuk menemukan spesifikasi standar baterai sepeda motor listrik. Dalam uji coba baterai konsorsium Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki itu, mereka menggandeng Universitas Osaka.

Baterai Konsorsium Honda

Uji coba digelar untuk menunjukkan bagaimana baterai swappable yang revolusioner itu bisa mengatasi masalah jarak tempuh, waktu charging dan menemukan stasiun charging. Konsorsium memang dibentuk untuk merancang pack dan sistem pergantian baterai yang seragam.

Meski bentuk baterai standar itu sendiri belum dipublikasikan, tetapi diperkirakan akan berbasis sistem Honda Mobile Power Pack seperti yang tampil di CES, Las Vegas pada Januari 2018. Baterai tampak disematkan pada e-scooter multiguna Honda Benly dan Honda PCX Electric yang sudah dipasarkan di Jepang.

Baterai Konsorsium Honda

“Sebagai hasil dari studi kolaborasi berulang-ulang di antara empat perusahaan sepeda motor domestik, kami dapat berkolaborasi dengan e-Yan OSAKA untuk memverifikasi spesifikasi umum baterai yang dapat diganti,” ujar Noriaki Abe, Managing Executive Officer and Head of Motorcycle Business Operations at Honda.

“Kami menyadari bahwa masih ada masalah yang harus diselesaikan dalam penyebaran sepeda motor listrik, dan kami akan terus berupaya meningkatkan lingkungan penggunaan pelanggan kami di area di mana setiap perusahaan dapat bekerja sama.”

Uji coba akan berlangsung selama setahun, dengan e-bikes yang dipinjamkan kepada mahasiswa dan staf Universitas Osaka. Sementara, stasiun pergantian baterai diletakkan di dalam kampus dan beberapa minimarket sekitar kampus. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*