Comeback Pasca 4 Tahun, ini yang Baru dari Honda CBR600RR 2020

0
Honda CBR600RR 2020
Honda CBR600RR 2020 diumumkan akan rilis 25 September 2020, siap obati kangen setelah muncul terakhir sekitar tahun 2016. Foto: Young Machine

NaikMotor – Produk terakhirnya tahun 2016, kini Honda CBR600RR 2020 muncul mengagetkan para penggemarnya dengan merilis kabar mengenai tanggal resmi kembalinya mereka ke pasaran. 

Honda CBR600RR 2020 akan kembali hadir mulai 25 September setelah hampir 4 tahun berhenti beredar. Honda melengkapi motor mereka yang siap memasuki pasar sportbike ini dengan mesin berputaran tinggi dan power yang sudah ditingkatkan.

Dengan tagline “Pleasure to Operate” atau “Kesenangan untuk Pengoperasian”, motor ini dibangun sedemikian rupa agar penunggannya bisa merasakan sensari kendaraan berbasis motor balap yang mengikuti tren dan mencicipi fitur barunya, kontrol elektronik.

Honda CBR600RR 2020

Honda CBR600RR yang berkonsep total control ini diklaim sebagai motor yang bebas stres karena potensinya tinggi untuk menjadi motor dasar untuk balapan yang bisa dimanipulasi sesuai keinginan penggunanya.

Dikutip dari laman Young Machine, untuk meningkatkan kinerja tenaga mesin, crankshaft, camshaft, dan pegas katup sudah diubah dan disesuaikan untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi. Output dan kemampuan kontrol yang tinggi telah berhasil dicapai dengan mengubah bentuk port kepala silinder, mengubah timing katup, memperluas diameter lubang throttle, dan mengadopsi sistem TBW atau Throttle by Wire.

Honda CBR600RR 2020 pun berhasil mencapai output tertinggi yaitu 121 daya kuda/14.000 rpm. Penggunaan slipper clutch juga membantu mengurangi gaya pengoperasian tuas dan menekan lompatan roda belakang.

Bodi mobil masih berdasar pada yang versi terdahulunya, dan nomor modelnya mengikuti PC40, tapi swingarm-nya berubah bentuk, untuk ketebalannya, setiap bagian disesuaikan demi mengoptimalkan struktur internal, bobot dikurangi dan keseimbangannya ditingkatkan. Ada juga winglet untuk downforce yang dipasang di cowl depan untuk menekan bagian depan selama diajak berlari dan meningkatkan kinerja motor saat di belokan.

Ada beberapa mode berkendara, seperti power selector, kontrol torsi yang bisa dipilih Honda, mitigasi roda, dan kontrol rem mesin yang bisa dipilih. Quick shifternya juga bisa dipakai atas bawah dan diadopsi juga 2ch ABS dengan 5-axis IMU.

CBR600RR 2020 kabarnya akan dipasarkan senilai kurang lebih Rp 232,1 juta. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY