Ini Dia Sepeda Listrik Teringan Sedunia, Freicycle yang Beratnya Cuma 6,8 Kg

0
58
Sepeda Listrik Freicycle
Sepeda listrik Freicycle jadi e-bike paling ringan yang bobotnya hanya sekitar 6,8 kg. Foto: Electrek

NaikMotor – Freicycle yang beratnya hanya 6,8 kg ini mencetak rekor dunia sebagai sepeda listrik paling ringan. E-bike ini dibuat Dennis Freiburg dengan komponen dasar serat karbon. 

Sepeda listrik Freicycle yang memiliki bobot 6,872 kg dibuat oleh insinyur mekanik Dennis Freiburg. Freiburg merancang dan membangun e-bike super enteng ini untuk memenuhi proyek kewajibannya dalam meraih gelar doktor.

Sepeda Listrik Freicycle

Freiburg membuat e-bike ini memiliki bobot rendah dengan menggunakan serat karbon sebanyak mungkin untuk menjadi bantalan penahan beban dari komponen penting seperti roda, garpu, dan engkol.

Untuk penggeraknya, Freiburg mengandalkan penggerak model friction yang berteknologi rendah namun ringan. Motor hub dan motor penggerak tengah sepeda listrik ini tidak bisa dibandingkan dengan penggerak gesek lainnya.

Sepeda Listrik Freicycle

Dilansir dari Electrek, ebike menggunakan motor mini buat model RC brushless, dibungkus dengan lengan gesek sebagai pemutar ban belakangnya. Torsi motor membuat dudukannya berayun ke bawah, dan mengaktifkan ban belakang. Saat daya terputus, mekanisme pegas melepasnya dari ban.

Dibangun di Eropa, motor berdaya 250 W ini mampu mencapai kecepatan tertinggi sebesar 25 km/jam. Tetapi, saat tidak terbatas dengan daya penuh 600 W, sepeda listrik ini mampu menembus kecepatan 48 km/jam.

Sepeda Listrik Freicycle

Untuk memangkas berat, yang dipasang adalah baterai kecil yang bisa membuat roda berputar 1-2 revolusi dengan konverter step-up, namun sayangnya jadi tidak bisa menjangkau jarak yang terlalu jauh.

uniknya, Freiburg mendesain baterai yang ditempatkan seperti botol minuman ringan ditaruh di tempat botol. Tutup botolnya juga berfungsi ganda sebagai tombol on/off. Walau baterainya tidak begitu besar, sepeda listrik Freicycle bisa diajak berjelajah hingga 19-35 km dengan bantuan kayuhan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*