Sebelum Ganti Visor Helm Sebaiknya Simak Jenis dan Peruntukkannya

0
56
Jins visor helm. Foto: Istimewa

NaikMotor – Visor helm banyak jenis berdasarkan peruntukkannya, mulai dari visor untuk siang, malam serta kondisi hujan.

Visor atau lebih dikenal dengan sebutan kaca helm adalah kaca pelindung wajah yang melindungi bagian wajah mulai dari mata, hidung, muka, pipi, mulut dari gangguan yang bisa menyebabkan cedera. Kaca juga bertugas melindungi wajah dari kotoran seperti debu, air hujan, pasir kerikil, angin, sinar matahari, serangga, dan lain sebagainya.

Visor terbuat dari material plastik yang lentur dan tidak mudah pecah. sebab jika visor mudah pecah akan sangat berbahaya bagi si penggunanya karena dikhawatirkan bagian yang pecah itu bisa melakuai wajah. Berikut jenis beberapa visor helm.

Helm dengan clear visor. Foto: Istimewa

Clear Visor

Adalah visor yang warnanya transparan atau tembus pandang. Karena tembus pandang maka tidak ada penghalang atau hal lain yang dapat mengurangi visibilitas pandangan. Visor clear biasannya diperuntukkan untuk malam hari.

Salah satu helm yang menggunakan visor iridium.

Smoke visor, Dark smoke visor, mirror dan iridium visor

Ke empatnya merupakan visor berjenis gelap. Smoke visor tingkat kegelapannya sedang, sekitar 50-60%, sedangkan dark smoke gelapnya 90-100% yang sudah pasti wajah kita tidak akan terlihat dari luar. Sementara visor iridium adalah visor warna, contohnya iridium gold, silver, red, yellow dan warna lainnya.

Ryan Richard, selaku Executive Director RSV menjelaskan peruntukkan visor untuk pengendara sepeda motor.

“Untuk siang bisa memakai visor darksmoke, lightsmoke atau iridium. Sedangkan untuk malam disarankan menggunakan visor clear atau lightsmoke. Sedangkan untuk berkendara saat cuaca hujan biasanya ditambah water rapellent agar air mengalir layaknya di atas daun talas. Namun jika kualitas yang bagus harusnya jika hujan ringan air akan mengalir. namun jika hujan lebat disarankan berhenti dan menunda berkendara demi keselamatan.”

Oh ya, saat ini helm RSV sedang ada promo bundling yang menarik. Adalah beli helm semua jenis full face akan mendapatkan ekstra visor. Jika harga normal helmnya adalah Rp 810 ribu dan visor Rp 185.000, maka jika konsumen membeli bundling hanya akan dikenakan harga Rp 910 ribu dapat helm full face dan dua visor, clear dan darksmoke. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*