MV Agusta Dragster 800 SCS dan Brutale Berkopling Seperti Bebek

0
39
MV Agusta Dragster 800 SCS
MV Agusta Dragster 800 SCS dilengkapi dengan kopling semi otomatis. Foto: mv agusta

NaikMotor – Smart Clutch Systrm (SCS) MV Agusta pada 2018 diterapkan pada adventure menengah, Turismo Veloce Lusso SCS. Kini, diterapkan pada naked MV Agusta Dragster 800 SCS dan Brutale 800 SCS.

Sistem kopling produk Rekluse diterapkan agar saat perpindahan gir tidak harus dengan menarik tuas kopling, layaknya pada underbone (motor bebek). Sistem kopling semi otomatis atau kopling sentrifugal itu jika putaran mesin rendah tidak meneruskan daya mesin, sebaliknya jika putaran mesin lebih tinggi kopling akan tertaut meneruskan daya.

MV Agusta Dragster 800 SCS
MV Agusta Turismo Veloce SCS

Kedua model naked, MV Agusta Dragster 800 SCS dan Brutale 800 SCS model terbaru sudah menerapkan sistem kopling semi otomatis itu. Bahkan, MV Agusta memadukan dengan quickshifter sehingga baik pada putaran rendah atau putaran menengah pun tuas kopling tidak banyak berfungsi.

Walau demikian, produk tetap disemati tuas kopling agar sensasi bermotor manual dan sport tetap bisa dirasakan pengendaranya.

Rekluse sendiri telah merancang sistem kopling tersebut untuk dirtbike sejak lama. Seperti juga teknologi lama Honda CT dan ATV yang menerapkan kopling semi otomatis itu. Walau Honda kemudian lebih intens dengan DCT-nya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*