BMW Kembangkan Skuter Listrik Tertutup yang Punya Atap dan Airbag

0
28
BMW Skuter Listrik
BMW kabarnya sedang mengembangkan skuter listrik model tertutup yang punya airbag dan atap. Foto: Electrek

NaikMotor – BMW dikabarkan sedang mengembangkan skuter listrik yang memiliki atap, airbag, dan aerodinamis aktif. BMW ingin mencegah pengemudi terlibat kecelakaan parah lewat desain e-scooter BMW yang unik ini. 

BMW disebut-sebut dengan berinovasi dengan mengubah model skuter listrik biasa menjadi kendaraan komuter berteknologi tinggi dengan mengadopsi banyak teknologi yang biasa terdapat pada kendaraan beroda 4.

Jika dilihat dari gambar paten yang sudah tersebar, tampaknya e-scooter dari BMW ini akan hadir dengan Zona Crumple untuk membantu meningkatkan keselamatan jika terjadi kecelakaan.

BMW Skuter Listrik

Dilansir dari Electrek, Zona Crumple sendiri dirancang untuk memungkinkan adanya atap skuter yang akan membantu menghancurkan dan menyerap dampak kecelakaan ke bagian atas. Zona Crumple akan dihubungkan ke sepasang gulungan serat karbon dari atap kendaraan. Kemudian, BMW memilih untuk menggunakan serat karbon agar membantu mengurangi berat atap.

BMW Skuter Listrik

Untuk mengatasi masalah berat tersebut, insinyur BMW pun mempelajari dan menerapkan sistem penerbangan dengan merancang aerodinamis aktif lewat winglets yang bisa disesuaikan. Winglest dipasng ke sisi kanopi yang tegak dan berfungsi sebagai aileron dan akan dikendalikan oleh komputer agar secara otomatis menyesuaikan sudut untuk mengimbangi kekuatan angin yang menerpa sisi kanopi.

Selain aerodinamis dan atap, BMW juga memberikan airbag bawaan untuk menahan pengendara jika terjadi tabrakan. Airbag samping dipasang di kedua sis pengendara dari bagian bawah jok ke pundak. Sementara perlindungan benturan belakang juga ada lewat bagian belakang kursi yang melekat pada kanopi, bukan di kerangka bawah skuter.

Kanopi juga tampaknya bisa dilepas dengan membuka beberapa baut. Kanopi yang dicopot dari skuter akan sekaligus membawa airbag, winglets, kursi belakang, dan kaca depan. Dengan kanopi yang bisa dilepas-pasang, pengendara pun bisa memilih model skuter dari yang standar ke versi yang tertutup secara efektif. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*